Efektifitas Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SDN II Jotosanur

Authors

  • Vista Ainnur Hardiana Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Siti Maghfirotun Amin Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Nafiah Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31718

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan dan menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media konkret pada materi pengukuran luas. Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas IV SDN II Jotosanur. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan berdasarkan observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan hasil belajar pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) keterlaksanaan model pembelajaran tipe STAD berbantuan media konkret terlaksana dengan sangat baik dengan presentase 94,23% 2) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan media konkret memperoleh presentase ketuntasan klasikal hasil belajar pretest posttest sebesar 85% kategori sangat baik. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media konkret terbukti efektif dengan sangat baik dalam meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN II Jotosanur.

Kata Kunci: Model pembelajara, kooperatif, STAD, media konkret, hasil belajar.

References

Ali, N. M., Pramasdyahsari, A. S., Damayani, A., & Paryati. (2023). Efektifitas Penggunaan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Sekolah Dasar Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Journal on Education, 06(01), 7509–7516.

Anggraini, M., & Mahmudah, I. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Mata Pelajaran Matematika. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 125–131. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.301

Faizah, S. N., Dina, L. N. A. B., Sutadji, E., Hayati, E. N., & Mashfufah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Roda Pintar Berkantong Terhadap Hasil Belajar Matematika. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 1. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.9587

Farda, I. F., & Amaliyah, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas 2 SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1346–1357. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6008

Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748

Kurniawati, I., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Borobudur Educational Review, 1(01), 30–41. https://doi.org/10.31603/bedr.4792

Leby, L. N. B., Margo Irianto, D., & Yuniarti, Y. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Matematika Pada Siswa Kelas 3. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 37–42. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p37-42

Murwanto, S. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IX D SMP Negeri 7 Alla Enrekang. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 11(1), 46. https://doi.org/10.35580/sainsmat111231382022

Mustopo, A. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Materi Keliling Luas Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 182–191. Retrieved from https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/233

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579–587.

Yeni, W. M., Hanesman, Jasril, I. R., & Anori, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). J-HyTEL: Journal of Hypermedia & Technology-Enhanced Learning, 1(3), 136–145. https://doi.org/10.58536/j-hytel.v1i3.92

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Ainnur Hardiana, V., Maghfirotun Amin, S., & Nafiah. (2025). Efektifitas Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SDN II Jotosanur. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 392–403. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31718