Efektivitas Penggunaan Buku Cerita Digital Berbasis ComicStrip untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV di SDN Rungkut Menanggal II Surabaya

Authors

  • Aninda Ayu Putri Program Studi PGSD Universitas Nahdatul Ulama’ Surabaya, Indonesia
  • Nafiah Program Studi PGSD Universitas Nahdatul Ulama’ Surabaya, Indonesia
  • Rudi Umar Sussanto Program Studi PGSD Universitas Nahdatul Ulama’ Surabaya, Indonesia
  • Pance Mariati Program Studi PGSD Universitas Nahdatul Ulama’ Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31446

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku cerita digital berbasi comicstrip untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Rungkut Menanggal II Surabaya. Penelitian yang diusulkan ini dilakukan lewat pre-experimet dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Rungkut Menanggal II Surabaya. Media ComicStrip yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ini menggunakan media ComicStrip pada materi teks narasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media ComicStrip dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pada materi teks narasi hasil perhitungan dari uji N-gain memiliki rata-rata sebesar 0,72 atau 72% yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media ComicStrip berbasis digital  memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis pada kelas IV

References

Dewi Ambarwati, S., Mu’awwanah, U., Farhurohman, O., Ibtidaiyah, M., Ulum, R., Cikande, K., Serang, K., Islam, U., Sultan, N., Hasanuddin, M., Syech, B. J., Al, N., Kp, B., Andamu’i, K., Sukawana, K., Curug, K., & Serang, B. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI Development Of Comic Media To Improve Skills Of Narrative Writing (Vol. 11, Issue 02).

Emeralda Ekawardhana, N. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO CONFERENCE.

Herlina, O. :, Ermawati, F., & Nuroh, Z. (2024). Pengaruh Media Komik Digital terhadap Kemampuan Menulis Cerita di Sekolah Dasar.

Kholifah, D. N., Citraningrum, D. M., Alfan, M., Jember, U. M., & Timur, J. (2024a). Efektivitas Media Komik Terhadap Peningkatan LITERASI Efektivitas Media Komik Terhadap Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas IX SMP PGRI Banyuwangi. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi

Kholifah, D. N., Citraningrum, D. M., Alfan, M., Jember, U. M., & Timur, J. (2024b). Efektivitas Media Komik Terhadap Peningkatan LITERASI Efektivitas Media Komik Terhadap Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas IX SMP PGRI Banyuwangi. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi

Ramadhani, A., Angkris Tambunan, M., Saragih, V. R., Sirait, J., & Sitanggang, M. R. (2022). Jurnal Bahasa & Sast ra Indonesia Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Pengaruh Media Komik Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. 2(2), 251–260. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i2.1870

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Aninda Ayu Putri, Nafiah, Rudi Umar Sussanto, & Pance Mariati. (2025). Efektivitas Penggunaan Buku Cerita Digital Berbasis ComicStrip untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV di SDN Rungkut Menanggal II Surabaya. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 360–367. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31446