Analisis Nilai Karakter Cerpen Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Sry Apfani STKIP ADZKIA
  • Romy Ardiansyah

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3606

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang beberapa cerita pendek pada buku siswa kelas IV, tema ke-8, Daerah Tempat Tinggalku. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan jenis-jenis nilai karakter dan persentase masing-masing nilai karakter yang ditemukan pada semua cerita pendek yang peneliti teliti. Jenis peneliti ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan adalah 5 cerita pendek yang ada dalam buku buku siswa kelas IV, tema ke-8 Daerah Tempat Tinggalku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tabel kartu data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi yang terdiri atas observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil data analisis 5 cerita pendek yang ada dalam buku siswa kelas IV, tema ke-8, Daerah Tempat Tinggalku, peneliti menemukan beberapa nilai karakter, diantaranya adalah: nilai karakter religius dengan persentase 5,5%, jujur 5,5%, kerja keras 22,2%, kreatif 22,2%, demokratis 5,5%, rasa ingin tahu 5,5%, cinta tanah air 5,5%, menghargai prestasi 5,5%, bersahabat/komunikatif 16,6%, cinta damai 16,6%, peduli sosial 16,6%, peduli lingkungan 5,5% dan tanggung jawab 11,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan ditemukannya sejumlah 13 nilai karakter pada 5 cerita pendek tersebut. Nilai karakter kerja keras dan kreatif adalah nilai karakter yang dominan pada hasil penelitian ini.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Apfani, S., & Ardiansyah, R. (2021). Analisis Nilai Karakter Cerpen Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 79–95. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3606