Pengaruh Model Discovery-Based Learningdan Keterampilan Berpikir Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kabupaten Belitung Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4226Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery-based learning dan keterampilan berpikir ilmiah siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 6 Damar dan SDN 7 Damar dengan sampel berjumlah 31 orang. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Variabel independen pada penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery-based learning dan keterampilan berpikir ilmiah siswa, sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan independent simple t-tes, One Way Anova dan Two Way Anova. Perangkat lunak yang digunakan untuk analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Dari uji independent simple t test di dapat Sig. 0,03<0,05, One Way Anova di dapat Sig. 0,00<0,05 dan Two Way Anova Sig. 0,993>0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Model Discovery-based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Belitung Timur; 2) Keterampilan berpikir ilmiah siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Belitung Timur; 3) Model Discovery-based learning dan keterampilan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Belitung Timur. Berdasarkan kesimpulan tadi, dapat direkomendasikan hal-hal sebagai berikut: (1) model pembelajaran discovery-based learning dapat dijadikan alternatif oleh pendidik atau guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswanya; (2) Guru mengklasifikasi kemampuan berpikir ilmiah siswa, sehingga guru dapat menerapkan proses pembelajaran yang efektif berdasarkan kemampuan siswa tersebut sehingga siswa lebih memahami materi dan hasil belajar siswa maksimal.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (1st ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Agustiana, I Gusti Ayu. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Aly, Abdullah dan Eny Rahma. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Azizah, S. N., Dafik, D., & Susanto, S. (2018). The Effectiveness of Discovery Based Learning Implementation through Improving Students’ Innovative thinking Skills in solving Open-Ended Task of Pattern Generalization. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(8), 74–82. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.8.10.
George, D., & Malley, P. (2016). IBM SPSS Statistics 23 Step by Step (Fourteenth). New York & London: Routledge.
Hanafiah, dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama.
Roestiyah. (2012) Strategi Belajar Mengajar.Jakarta. Rineka Cipta.
Sa’Diyah, S. K., & Subroto, W. T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n1.p%25p.
Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian (11th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Wijayadi, A. W. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Ilmiah terhadap Hasil Belajar Kimia. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 151. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1