Pengaruh Model Discovery-Based Learningdan Keterampilan Berpikir Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kabupaten Belitung Timur
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery-based learning dan keterampilan berpikir ilmiah siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 6 Damar dan SDN 7 Damar dengan sampel berjumlah 31 orang. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Variabel independen pada penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery-based learning dan keterampilan berpikir ilmiah siswa, sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan independent simple t-tes, One Way Anova dan Two Way Anova. Perangkat lunak yang digunakan untuk analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Dari uji independent simple t test di dapat Sig. 0,03<0,05, One Way Anova di dapat Sig. 0,00<0,05 dan Two Way Anova Sig. 0,993>0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Model Discovery-based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Belitung Timur; 2) Keterampilan berpikir ilmiah siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Belitung Timur; 3) Model Discovery-based learning dan keterampilan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Belitung Timur. Berdasarkan kesimpulan tadi, dapat direkomendasikan hal-hal sebagai berikut: (1) model pembelajaran discovery-based learning dapat dijadikan alternatif oleh pendidik atau guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswanya; (2) Guru mengklasifikasi kemampuan berpikir ilmiah siswa, sehingga guru dapat menerapkan proses pembelajaran yang efektif berdasarkan kemampuan siswa tersebut sehingga siswa lebih memahami materi dan hasil belajar siswa maksimal.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (1st ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Agustiana, I Gusti Ayu. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Aly, Abdullah dan Eny Rahma. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Azizah, S. N., Dafik, D., & Susanto, S. (2018). The Effectiveness of Discovery Based Learning Implementation through Improving Students’ Innovative thinking Skills in solving Open-Ended Task of Pattern Generalization. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(8), 74–82. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.8.10.
George, D., & Malley, P. (2016). IBM SPSS Statistics 23 Step by Step (Fourteenth). New York & London: Routledge.
Hanafiah, dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama.
Roestiyah. (2012) Strategi Belajar Mengajar.Jakarta. Rineka Cipta.
Sa’Diyah, S. K., & Subroto, W. T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n1.p%25p.
Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian (11th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Wijayadi, A. W. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Ilmiah terhadap Hasil Belajar Kimia. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 151. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1
DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Pengunjung DIDIKA