Pengaruh Contextual Teaching And Learning Dan Kemampuan Mendesain Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Elvi Yulyadi universitas terbuka
  • Naf’an Tarihoran
  • Diki Diki

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4227

Abstract

Pemanfaatan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu hal penting bagi pendidik untuk mendorong hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Selain itu kemampuan pendidik untuk merencanakan dan mendesain bahan ajar juga sangat penting dalam mencapai hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA 2) pengaruh kemampuan mendesain bahan ajar terhadap hasil belajar IPA dan 3) pengaruh Contextual Teaching and Learning dan kemampuan mendesain bahan ajar terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan metode angket (kuesioner) dan tes hasil. Pengujian hipotesis menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Contextual Teaching and Learning dengan hasil belajar IPA dengan koefisien determinasi 15,620286 % diperoleh persamaan regresi = 0,75347604 +0,74607126X₁ 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Kemampuan Mendesain Bahan Ajar terhadap hasil belajar IPA dengan koefisien determinasi 12,808708% diperoleh dengan persamaan regresi = 27,32241079 + 0,499412497X₂ 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Contextual Teaching and Learning dan Kemampuan Mendesain Bahan Ajar dengan hasil belajar IPA diperoleh koefisien determinan gandanya  0,190878% dengan persamaan regresi ganda = -8,00894 + 0,544967X₁ + 0,299367X₂..

References

Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

B. Weil, Joyce and Calhoun. 2000. Models Of Teaching. Newyork: A Person Education Company

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mukaromah, D., Sugiyo, & Mulawarman. (2018). Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Efikasi Diri Dan Self Regu- Lated Learning. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling : Theory And Application, 7(2), 14–19

Nuning Rahayuningsih, “Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta Pembelajaran Biologi dengan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Menggunakan Media Animasi Dan Media Lingkungan Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Gaya Belajar”. Jurnal Inkuiri, Vol: 2, No: 2 (Tahun 2013), h. 174-175

Nurhasanah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1 (2016)

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana

Sugiyono . 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sistiana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konteks dan Kreativitas. untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BIOEDUKATIKA Vol. 4 No. 2 Tahun 2016 Halaman 19-25.

Suryono dan Hariyanto, (2014). Belajar dan Pengajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Prastowo Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press

Primayana, K. H., Lasmawan, W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 9(2), 72–79

Sofan Amri dan Ahmadi Iif Khoiru. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran: Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya. 2010

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Yulyadi, E., Tarihoran, N., & Diki, D. (2021). Pengaruh Contextual Teaching And Learning Dan Kemampuan Mendesain Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 388–401. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4227