Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di Kelas 4 Sdn 115 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7369Abstract
Keterampilan dasar mengajar merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki seorang guru yang harus diterapkan pada proses pembelajaran. Ada 8 keterampilan dasar mengajar yaitu : keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan 8 keterampilan mengajar dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 115 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana data yang diperoleh akan di jabarkan menjadi suatu kalimat yang bersikap deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa penerapan secara umum keterampilan dasar mengajar Ibu SW guru kelas IV sudah dilaksanakan dengan baik. Tetapi ada beberapa indikator dari keterampilan tersebut belum terlaksana dengan baik. Seperti pada keterampilan membuka pembelajaran. Guru jarang memberikan tes awal untuk mengukur pengetahuan dan meningkatka motivasi awal belajar siswa. Pada keterampilan mengadakan variasi guru juga belum melaksanakan dengan optimal. Hal ini dikarenakan beberapa kendala. Kendala yang dihadapi guru antaralain kurangnya sarana dan prasarana dari sekolah, waktu yang singkat serta kurangnya kreatifitas dari guru.
Kata kunci: Keterampilan dasar mengajar, Guru kelas IV
References
Ali. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Asril, Ambarita. 2013. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Asmani, Jamal Ma'mur. 2009. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press
Asmardi. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Audio dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 001 Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Primary Vol. 5 No. 2
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Budiningsih, Asri. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Bungin, Burhan. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press,
Burhanuddin. 2014. Fotografi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Djamarah, S. B. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendi, S. 2013. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Perpustakaan Nasional LP3S.
Fathurrohman, P. dan Sutikno, M. S. 2010. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: PT Refika Aditama.
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah., & Nurdin (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasibuan & Moedjiono. 2016. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya
Iskandar. 2008. Pasar Modal Teori dan Aplikasi. Jakarta: Yayasan. Pancur Siwah.
Janattaka, N dan Susanti, A. 2020. Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar p-ISSN: 2477-4855, e-ISSN: 2549-9149
Lisdiana, Cori, Bahari, Y dan Rustiyarso. 2016. Analisis Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah.
Marno dan Idris, M. 2008. Strategi & Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Mulyasa. 2015. Menjadi Guru Profersional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan. Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahman, Muhammad. 2011. Cooperative Learning: Another Avenue for Teachers to Enhance Students’ Academic Achievement at School Level. Journal of Research in Social Sciences-JRSS January 2016 Vol: 4(54-61)
Restianti .2016. pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Fajar Pekanbaru
Rosihuddin. 2012. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Ruslan, 2013. Metode Penelitian kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
Setyowati, Ratna Putri. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2 (1): 1–12.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian. Bandung: Rosdakarya
Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumiah, N. 2013. Analisis Keterampilan Mengajar Meningkatkan Guru dalam Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA.
Sutikno, M. S. 2009. Belajar Pembelajaran. Bandung: Prospect. Jakarta: Diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya
Sundari, dkk. 2014. “Pengaruh Variasi Mengajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thoifuri. 2017. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: RaSAIL Media Group.
Uno. Hamzah B. dan Nurdin Muhammad, Belajar Dengan Pendekatan. PAILKEM Jakarta, PT Bumi Aksara
Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.
Vuspa, Licia Sin (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Patra Mandiri Plaju Palembang. [Skripsi]. Diploma Thesis, Uin Raden Fatah Palembang.
Wedyawati, Nelly. 2015. Deskripsi Analisis Keterampilan Variasi Mengajar Guru IPA di Sekolah Dasar Negeri 12 Jerora Sintang. Jurnal Vox Edukasi Vol. 6 No. 2
Zain, A. & Djamarah, S.B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.