Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Seni Tari Bambu Seribu Di UPT SDN 1 Panutan
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7464Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi permainan tari bambu seribu untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa UPT Sekolah Dasar Negeri 1 Panutan. Penelitian ini bertujuan untu meningkatkan kreatifitas dalam seni tari untuk meningkat keterampilan sosial di jenjang sekolah UPT SD Negeri 1 Panutan. Penelitian ini dilakukan sebanyak Dua siklus, siklus pertama sejumlah delapan kali pertemuan dan siklus yang ke Dua sebanyak empat kali pertemuan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan kualitatif. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial melalaui kegiatan tari bambu seribu meningkat dengan baik. Hal ini terlihat dari keberhasilan setiap siklus penelitian.
References
Budiono.2005.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya : Kartika Hadi,
Doubler, Margaret N.2001. Dance, A Creastive Art Experience. Yogyakarta Universitas Gajah Mada.
Kartika, Dharsono Sony. 2007.Estetika. Bandung: Rekayasa Sains
Murgianto, Sal.1983.Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. Jakarta : (Direktorat Jendral) Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sari, Mulya. 2020.Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 4 Issue 1 Pages 1-9. Universitas Negeri Jakarta.
Sumandiyo.2005.Sosiologi Tari. Yogyakarta: Pustaka