Analisis Dampak Games Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7474Abstract
Abstrak
Adanya pandemi Covid 19 mengharuskan seluruh sektor pendidikan melakukan implementasi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Implementasi PJJ tersebut membuat peserta didik memiliki banyak waktu luang, sebab intensitas belajar mengajar cenderung lebih singkat dibandingkan pembelajaran konvensional. Guna mengisi waktu luang tersebut, tidak sedikit yang memilih untuk bermain, terutama anak usia sekolah dasar. Mengingat sedang pandemi, alternatif pilihan mereka adalah bermain game online. Melihat hal tersebut, penulis tertarik meneliti dengan judul “Analisis Dampak Games Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui intensitas bermain game online pra dan pasca PJJ, mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik berdasarkan intensitas bermain game online, dan mengetahui peran guru akan dampak intensitas bermain game online terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan observasi kepada 5 peserta didik dan 1 guru. Dalam penelitian ini, ditemukan terdapat peningkatan intensitas bermain game online terhadap seluruh informan pasca pjj, Intensitas bermain game online memiliki dampak pada tinggi rendahnya motivasi belajar peserta didik, adapun peran guru yang ditemukan pada penelitian ini yaitu memberikan nasihat dan arahan kepada peserta didik.
Kata kunci: Game Online; Motivasi Belajar; Sekolah Dasar
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ernawanto, Y., & Desstya, A. (2022). PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SD. 6.
Faza, A. W., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Bawu RT 06 RW 0. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 8. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4344
Fuada, S., & Jurdil, R. R. (2021). The sharing session “entrepreneurs during the COVID-19 pandemic” in overcoming economic crisis. Community Empowerment, 6(8), 1431–1442. https://doi.org/10.31603/ce.5058
Hariani, F., Arbaini, W., & Putri, D. P. (2020). TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA: Antar Motivasi Belajar dan Kebiasaan Bermain Game Online. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.71-90
Hayati, H. S., Ch, M., & Asmawi, M. (2017). EFFECT OF TRADITIONAL GAMES, LEARNING MOTIVATION AND LEARNING STYLE ON CHILDHOODS GROSS MOTOR SKILLS. IJERN: International Journal of Education and Research, 5(7), 14.
Jurdil, R. R., Aryani, E., Geminiawati, W., Asry, D., Febriani, R., Nursalam, S., Pratomo, S., & Caturiasari, J. (2020). Webinar Solusi Meningkatkan Kreativitas Menulis Anak Sekolah Dasar Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daring di Masa Pendemi Covid-19. 14.
Jurdil, R. R., Iskandar, S., & Mustikaati, W. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pendemi Covid-19. 15.
Masni, H. (2015). STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 12.
Monika, M., & Adman, A. (2017). PERAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Nisrinafatin, N. (2020). PENGARUH GAME ONLINETERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1).
Nurbiba, B., R., & Madani, M. (2021). IMPLEMENTASI GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. JPPGuseda, 4, 4.
Rafiqa, S., Boeriswati, E., & Usman, H. (2021). E-LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOLS: EDUCATIONAL SYSTEM CHANGE DURING COVID-19 PANDEMIC. 23.
Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657
Rohman, K. (2019). AGRESIFITAS ANAK KECANDUAN GAME ONLINE. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(1), 155–172. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.155-172
Sharma, T. G., Hamari, J., Kesharwani, A., & Tak, P. (2022). Understanding continuance intention to play online games: Roles of self-expressiveness, self-congruity, self-efficacy, and perceived risk. Behaviour & Information Technology, 41(2), 348–364. https://doi.org/10.1080/0144929X.2020.1811770
Sinulingga, J. N. (2016). KEPRIBADIAN DAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 48. https://doi.org/10.21009/JPD.071.05
Sugiyono, Prof. Dr. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Untuk penelitian yang bersifat: Eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif) (3 ed.). ALFABETA.
Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. JURNAL PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 10.
Usman, H., & Suminar, R. R. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEAM DI SEKOLAH DASAR. 2(3).
Valijonovna, X. I., & qizi, X. M. B. (2022). Improving of Motivation for Studying in Primary School. EUROPEAN MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF MODERN SCIENCE, 6, 7.