Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Eliza Febriani Sekolah Dasar Negeri 3 Sekarteja

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7556

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika  melalui model pembelajaran Problem Based Learning  tentang materi pola bilangan pada siswa kelas 1B SDN 3 Sekarteja tahun pembelajaran 2022/ 2023. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Sekarteja tahun pelajaran 2022/2023 dengan subyek penelitian siswa kelas I B SDN 3 Sekarteja. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahapan yang terdiri dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dan II pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning. Masing – masing siklus melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan ( observasi ) dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika, terbukti dari rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I (satu) 6,8, dan rata – rata 7,4 pada siklus akhir, berarti mengalami peningkatan 6. Dengan persentase ketuntasan pada siklus I 73% mengalami peningkatan menjadi 100% pada siklus akhir. Persentase ketuntasan mengalami peningkatan 27%.
Kata kunci : Peningkatan prestasi belajar Matematika, pembelajaran berbasis masalah
 

References

Fajar Shadiq. 2003. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matemátika, (Yogyakarta: PPPG Matemátika).

I Wayan Santyasa. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kooperatif, (Nusa Penida: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha).

Mulyasa, E. (2005), Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda

Purwantoro, Eko. 2005. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II-C SMP Negeri 22 Semarang. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES

Sri Wardhani. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Berbasis Masalah (Problem Based Instruction), (Yogyakarta: PPPPTK matemátika).

Sumardiyono. 2007. Tips dalam Penerapan Pembelajaran Problem Solving, (Yogyakarta: PPPPTK Matemátika).

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Febriani, E. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 320–329. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7556