Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7556Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning tentang materi pola bilangan pada siswa kelas 1B SDN 3 Sekarteja tahun pembelajaran 2022/ 2023. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Sekarteja tahun pelajaran 2022/2023 dengan subyek penelitian siswa kelas I B SDN 3 Sekarteja. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahapan yang terdiri dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dan II pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning. Masing – masing siklus melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan ( observasi ) dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika, terbukti dari rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I (satu) 6,8, dan rata – rata 7,4 pada siklus akhir, berarti mengalami peningkatan 6. Dengan persentase ketuntasan pada siklus I 73% mengalami peningkatan menjadi 100% pada siklus akhir. Persentase ketuntasan mengalami peningkatan 27%.Kata kunci : Peningkatan prestasi belajar Matematika, pembelajaran berbasis masalah
References
Fajar Shadiq. 2003. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matemátika, (Yogyakarta: PPPG Matemátika).
I Wayan Santyasa. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kooperatif, (Nusa Penida: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha).
Mulyasa, E. (2005), Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda
Purwantoro, Eko. 2005. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II-C SMP Negeri 22 Semarang. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES
Sri Wardhani. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Berbasis Masalah (Problem Based Instruction), (Yogyakarta: PPPPTK matemátika).
Sumardiyono. 2007. Tips dalam Penerapan Pembelajaran Problem Solving, (Yogyakarta: PPPPTK Matemátika).