IdentikikasiI Faktor Penyebab Siswa Kurang Percaya Diri di SDN X Batusangkar

Alhanab Billfadawi, Safrizal Safrizal

Abstract


Abstrak
Percaya diri merupakan keyakinan yang dimiliki seseorang untuk melakukan dan menyelesaikan tugas terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab siswa kurang percaya diri di SD Negeri X Batusangkar. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri yang dialami oleh anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah salah satu siswa kelas III yang memiliki percaya diri kurang di SD Negeri X Batusangkar. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas III, orang tua siswa, dan siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teriangulasi teknik.. Jadi faktor penyebab kurang percaya diri anak dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekstenal adalah pernah mendapatkan model peran negatif, hubungan dengan keluarga yang terlalu dimanja, tidak merasa nyaman saat di sekolah, tidak yakin dengan kemampuan pribadi.


Full Text:

PDF

References


Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.

Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Online Submission. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED606496

Budiyono, F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 60. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516

Desty Ayu, A., Mega Adyana, M., Safrizal. (2021). Peningkatan Aktifitas Aktif Belajar Menggunakan Metode Komperatife Tipe Student Teams Achievement Division di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu (Vol 5 No 4 2626-2634) https://jbasic.org/index.php/basicedu

Gael, L. (1997). Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.4 8

Indah Surya, P, Dernis Arief, & Desty Ayu A., (2020) Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SD : Jurnal Open Jurnal Sistem (Vol 14 No 10)

Kasih, A. P. (2020). Nilai PISA Siswa Indonesia Rendah, Nadiem Siapkan 5 Strategi Ini. Retrieved July 20, 2021, from https:// edukasi.kompas.com/read/2020/04/05/154418571/nilaipisa-siswa-indonesia-rendah-nadiem-siapkan-5-strategiini?page=all

Khalil, R., Mansour, A. E., Fadda, W. A., Almisnid, K., & (2020). The sudden transition tsynchronized online learning during the COVID-19 pandemic in Saudi Arabia: a qualitative study exploring medical students’ BMC Medical .

Lie, A. (2003). Menjadi Orang Tua Bijak 101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta:

PT Elex Media Komputindo.

Perry, M. (2006). Confidence Boosters Pendongkrak Kepercayaan Diri. Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Rahayu, A.Y. (2013). Anak Usia TK Menumbuhkan Rasa Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT INDEKS.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 2. Alih bahasa: Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti.Jakarta:Erlangg.

Susanti, Werdiningsih, D., Sujianti. (2014). Mencetak Anak Juara, Belajar Dari Pengalaman

Anak Juara. Jogjakarta: KATAHATI.

Safrizal, S., Nurhafizah, N., Yulia, R., & Ilusnani. II. (2022). Analysis og Guru Penggerak Programs as Sustainnable Development for Teachers. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 1492), 2135-2142. https://doi.or/10.35445/alishlah.v14i2.829

Yudha, C.B. & Suwarjo. (2014). Peningkatan Kepercayaan Diri Dan Proses Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia (volume 2 nomor 1), 45.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.7797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.