Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Anasis Derati Meilatalimi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk eksperimen kuasi dengan desain dua grup. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Ciapus 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Ciapus 01 yang berjumlah 61 siswa. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa subtema 3 pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 67, sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 44. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,71) > ttabel (2,01). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar subtema 3 pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia


Full Text:

PDF

References


Aentika, I.N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas VI B SD Negeri Karangmalang 01 Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020 / 2021. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), pp. 54–64. Diambil dari https://journal.upgris.ac.id/index.php/JP3/article/view/7323

Anggara, S.A. (2017). Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(2), pp. 186–196. Diambil dari https://www.journal.imla.or.id/index.php/arabi/article/view/57

Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 205-218. Diambil dari http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/281

Maisyarah, M. and Lena, M.S. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(10), pp. 171–184. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/12132

Muzria, W. and Indrawati, T. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), pp. 2232–2238. Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/701

Nurul’Azizah, A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jartika, 2(1), pp. 194–204. Diambil dari http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/280

Prabowo, D., Saputra, H. J., & Atharina, F. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Sawah Besar 01. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 1(1), 16-25. Diambil dari http://es.upy.ac.id/index.php/es/article/view/1107

Sugiyono, P.D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. (Cetakan Ke 26), Bandung: CV Alfabeta.

Surono, E.T., Kristin, F. and Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembeljaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Sub Tema 1 Kekayaan Sumber Energi Indonesia Kelas 4 SD Negeri Patemon 01. Pendidikan Tambusai, 3(3), pp. 780–789. Diambil dari https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/282




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.7946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.