The Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Terintegrasi Karakter Religius Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Sd It Al-Madani
Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Terintegrasi Karakter Religius Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Sd It Al-Madani
Keywords:
Learning Outcomes, Civics, Jigsaw Model. Hasil Belajar. Pkn, Model JigsawAbstract
This study aims to examine the increase of civics learning outcomes by using the Jigsaw model for fifth-grade students at SD IT Al-Madani, Mamben Lauk. This type of research is classroom action research. The participants were the fifth-grade students of SD IT Al-Madani Mamben Lauk with a total of 13 students. Data collection methods in this study were tests, observations, and documentation. The data analysis technique used was descriptive quantitative. The indicator of the success of the action is marked by > 85% of the number of students participating in the learning process who have obtained a value of >65%. The results showed that there was an increase in civics learning outcomes for the fifth-grade students at SD IT Al-Madani Mamben Lauk after using the Jigsaw cooperative learning model in both cycle I and cycle II. In cycle I students who scored >65 experienced an increase of 32% with initial conditions of 38.46% increased to 69% and cycle II experienced an increase of 23% to 92%. The average score of learning outcomes in cycle I increased by 12,31% with an initial score of 59.61 increased to 71.92 and in cycle II increased by 13.84% to 85.76%.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Jigsaw pada siswa kelas V SD IT AlMadani Mamben Lauk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD IT Al-Madani Mamben Lauk yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥85% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥65. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD IT Al-Madani Mamben Lauk setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥65 mengalami peningkatan sebesar 32% dengan kondisi awal 38,46%% meningkat menjadi 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 23% menjadi 92%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 12,31% dengan kondisi awal 59,61 meningkat menjadi 71,92 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,84% menjadi 85,76.
References
Andrianie, dkk. 2021. Krakater Religius Sebuah Tantangan Dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Jawa Timur. Qiara Media-Pasuruan.
Andi, Nik. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Jawa Tengah. Eureka Media Aksara.
Asep, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 1. No 1.
Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan Multidispliner. Banyumas. Pena Bersada.
Badaruddin, 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Materi Organisasi Asean. Vol 1. No 1.
Dhori, Nurhayati. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar. Jurnal Of AnIslamic Elementary Education. 04(01).
Endah, Mubarak. 2022. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaaraan PPKN dan Ekstrakurikuler. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 8. No 3.
Erisa. 2019. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan, 03(02).
Fahrudin, Mukhlis. 2019. Pola Pendidikan Karakter Religius Melalui Islamic Boarding School di Indonesia. Pustaka Perdana.
Febryananda, I P. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP Pada Kompetensi Pelayanan Prima Pelanggan di SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 07(04).
Hidayat, Abdillah, 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan, Lembaga Peduli Pengembangan indonesia (LPPPI).
Ina, Ahmad dkk. 2020. Pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Vol 2. No 3. Juni, Natalina, 2021. Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Bandung. Widina Bhakti Persada.
Kurniasih, Imas dkk, 2017. Pendidikan Karakter (internalisasi dan metode pembelajaran di sekolah). Jakarta: Kata Pena.
Mu’alimin, Cahyadi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan.
Nurchaili, 2010. Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol 16, no 3, hal 233-244.
Puspa, 2014. Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter Siswa. Vol 23. No 1.
Roy, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 1. No 1.
Sari Dian Purnama Sari, 2016. Hubungan Gaya Belajar Siwa Dengan Hasil Belajar IPS Pada Siswa kelas V SDN di Gagas Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Jurnal Pendidikan.
Suhindro, Pristi. 2021. Eksistensi Guru. Medan. Gerhana Media Kreasi.
Yahya, Ramadan. 2019. Implementasi pendidikan karakter Religius di SMA Se- Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan. Antasari Press.