Implementasi Model Pull-Out dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Disleksia: Studi Kasus di SDN 4 Jerowaru

Studi Kasus di SDN 4 Jerowaru

Authors

  • M Fandi Universitas Hamzanwadi
  • Abdul Aziz Universitas Hamzanwadi
  • Khoirun Annisah Universitas Hamzanwadi
  • Amir Bagja Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Pembelajaran pull out, minat belajar, disleksia, pendidikan inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi pembelajaran pull out dalam meningkatkan minat belajar siswa disleksia di kelas IV SDN 4 Jerowaru Tahun Ajaran 2024. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan keterampilan membaca pada siswa disleksia di kelas reguler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah satu orang siswa disleksia yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner, unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran pull out mampu menumbuhkan minat belajar siswa disleksia berdasarkan empat indikator, yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa. Selain itu, terjadi peningkatan keterampilan membaca siswa yang dibuktikan melalui hasil unjuk kerja. Temuan ini merekomendasikan penggunaan pembelajaran pull out sebagai strategi alternatif dalam pendidikan inklusi untuk mendukung perkembangan akademik siswa dengan hambatan belajar spesifik.

References

Agustin, Y., Aswasulasikin, A., Aziz, A., & Zohrani, Z. (2023). The Implementation of Pull Out Learning to Grow Interest in Learning and Reading Ability of Dyslexia Children. Interdisciplinary Journal of Education, 1(2), 22–35. https://doi.org/10.61277/ije.v1i2.36

Govindasamy, M., Nasir, B. M., & Sani, N. A. (2024). Validity and reliability of a needs analysis questionnaire for the development of a creativity module. Journal of Research in Special Educational Needs, 24(1), 75–89. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12659

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Reraki, M. (2022). Inclusive practices for dyslexic language learners: An intervention study. Support for Learning, 37(3), 480–494. https://doi.org/10.1111/1467-9604.12422

Rohman, M. R., & Firdhausyah, A. M. (2023). Penerapan Model Pull Out Learning untuk Mengoptimalkan Kemampuan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Ilmiah Madrasah, 1(2), 75–85. https://doi.org/10.18860/jimad.v1i2.27118

Salpina, A., & Putri, D. R. (2022). Implementation of the Pull Out Learning Model in Inclusive Education Programs in Kindergarten. Early Childhood Research Journal, 4(2), 55–63. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i2.20528

Sari, N., Widodo, W., & Agustin, N. D. (2022). Studi Kasus pada Siswa Disleksia: Strategi Guru dalam Pembelajaran Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 18(2), 120–130. https://doi.org/10.17977/um014v18i2p120-130

Tarjiah, I., Supena, A., & Pujiastuti, S. I. (2023). Increasing the Reading Ability of a Student with Dyslexia through Family Support and Multisensory-Based Remedial Teaching. Frontiers in Education, 8, 1022580. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1022580

Widiastuti, R., Kristiawan, M., & Prahmana, R. C. I. (2021). Qualitative Analysis of Inclusive Education Implementation in Elementary Schools. Universal Journal of Educational Research, 9(1), 119–126. https://doi.org/10.13189/ujer.2021.090114

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.

Downloads

Published

30-06-2025