Dampak Permainan Fishing Get Terhadap Aspek Perilaku Siswa Attention Deficit Hyperactive Disorder ( ADHD ) di Sekolah Dasar

Fishing Get, Perilaku, Attention Deficit Hyperactive Disorder.

Authors

  • Abdul Aziz Universitas Hamzanwadi
  • Zaenul Amri Universitas Hamzanwadi
  • Amir Bagja Universitas Hamzanwadi
  • M. Nurul Wathani Universitas Hamzanwadi

Abstract

This research aims to see the effect of the Fishing Get game on the development of Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) students' behavior. The type of research used is quantitative research with an experimental approach in the form of Single Subject Research (SSR). The research design used is A-B-A. This study used 1 sample, namely ADHD children in elementary school. The data collection techniques used are observation and documentation, as well as the data analysis techniques used in this research, namely descriptive statistics, where the data will be described thoroughly. The results of the research show that there is an influence of the Fishing Get game on the behavioral abilities of ADHD students after being given intervention through the implementation of the Fishing Get game. This increase can be seen by an increase in the frequency of behavior obtained by children, where in the baseline phase-1 (A1) it was 30, the intervention phase (B) was 70, and in the baseline phase-2 (A2) it was 80. The frequency of concentration behavior obtained by children, So the Fishing Get game can be categorized as good for improving behavioral abilities in ADHD children. So, it can be concluded that there is an influence of the Fishing Get game on the behavioral abilities of Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) children.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh permainan Fishing Get terhadap perkembangan perilaku siswa Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen berupa Single Subyek Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A. Penelitian ini menggunakan 1 sampel yakni anak ADHD di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni statistik deskriptif, dimana datanya akan dideskrifsikan secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh permainan Fishing Get terhadap kemampuan perilaku siswa ADHD setelah diberikan intervensi melalui penerapan permainan Fishing Get. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan frekuensi perilaku yang diperoleh anak, dimana pada fase baseline-1 (A1) sebesar 30, fase intervensi (B) sebesar 70, dan fase baseline-2 (A2) sebesar 80 frekuensi perilaku konsentrasi yang diperoleh anak, sehingga permainan Fishing Get dapat dikategorikan baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan perilaku pada anak ADHD. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan Fishing Get terhadap kemampuan perilakui anak Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD).

Author Biography

Zaenul Amri, Universitas Hamzanwadi

Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi

References

Armanila, & Khadijah. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Azkiya, R. N. (2021). Permainan Sensori Motorik Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Dengan ADHD. Jurnal Procedia, volume 9, No 119-126, 10. Doi: 10. 22219/procedia. v9i4.16459

Barzegary, & Zamini. (2011). The Effect of Play Therapy on Children with ADHD. Jurnal sosial and behavioral Sciences. Volume 30, No. 2216-2218

Data kemdikbud Pendidikan PAUD (2019). Jurnal visipena. Vol. 10, No.1

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain

Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar

Eva, Nur. (2015). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: Fakultas Pendidikan Psikologi.

Hidayah, N. at all (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus. Yograyakrta: Samudra Biru.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers

Indra, S. (2017). Sensorimotor Game Method to Increase Learning Concentration Children Intellectual Disability with Moderate Category. jurnal widia ortodidaktika, volume 6, No 6.

J. David Smith. (2012). Sekolah Inklusif (Konsep dan Penerapan Pembelajaran). Bandung: Nuansa.

Papalia, dkk. (2004). Human Development. New York: McGraw-Hill Companics, Inc.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

Permendiknas 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif.

Prahmana indra. (2021). Singgle Subject Research. Yogyakarta: UAD Press.

Puti, P. I. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan Reinforcement Melalui Metode Bermain Bunchems. Vol. 3, No. 207-213

Sari, Ethyca. (2013). Pengaruh Fishing Game Terhadap Konsentrasi Anak Tunagrahita Di SLB C Alpha Wardhana Surabaya. Vol. 1, No. 1-8

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadari, (2019). Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher

Susanti, & Suryaningsih. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) Melalui Olahraga Memanah. Vol. 2, No. 2

Triwulandari, & Setyowati. (2022). Pengaruh Permainan Pakasi (Pancing Ikan Edukasi) Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Kelompok A di TK Harapan Blajo Kalitengah Lamongan. Jurnal PAUD Teratai. Vol. 11, No. 1

Downloads

Published

2024-06-28