Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Abdul Khair Universitas Hamzanwadi
  • Nindya Seva Kusmaningsih Universitas Hamzanwadi
  • M. Khairul Lutfi Universitas Hamzanwadi
  • M. Nurul Wathani Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Gadgets, Social Behavior, Students with Special Needs

Abstract

Abstract

This study aims to determine the influence of gadget on the social behavior of students with special needs at SDN Lingkok Lima. This type of research is qualitative using a case study approach. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Data analysis used by researchers in the form of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show 1) the form of gadget use for elementary school students is to play free fire games, roblox games, watch tik tok, and watch YouTube. 2) The impact of gadget use on the social behavior of students with special needs at SDN Lingkok Lima is a change in social behavior characterized by a lack of socializing with friends, disturbed sleep patterns, students becoming withdrawn, and becoming toxic people. This is due to excessive use of gadgets by students which makes them forget about the outside world.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gadget terhadap perilaku sosial peserta didik berkebutuhan khusus di SDN Lingkok Lima. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan  1) bentuk penggunaan gadget terhadap peserta didik sekolah dasar yaitu untuk bermain game free fire, game roblox, menonton tik tok, dan menonton YouTube. 2) Pengaruh gadget terhadap perilaku sosial peserta didik berkebutuhan khusus di SDN Lingkok Lima yaitu adanya perubahan pada perilaku sosial yang ditandai dengan adanya kurangnya sikap bersosialisasi dengan temannya, jam tidur peserta didik yang terganggu, peserta didik menjadi pribadi yang tertutup, dan menjadi toxic people. Hal ini diakibatkan dari penggunaan gadget yang berlebihan oleh peserta didik yang membuat mereka lupa akan dunia luar.

References

Afidah N.S, Fakhiriyah F, & Oktavianti I. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesia Gender and Society Journal. Vol 3. No 2.

Arifin N. (2023). Metode Analisis Ekonomi: Mengubah Masalah Menjadi Kesempatan. Kampus UNISNU Jepra: UNISNU Press.

Aryandhyta I.M. (2024) Memahami Bahaya Media Sosial Bagi Anak-anak dan Cara Melindungi Mereka. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Chaidirman, Indriastuti D, & Narmi. (2019). Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawe (Gadget). Pada Kalangan Remaja Suku Bajo. Journal of Holistic Nursing and Health Science: Vol 2. No. 2.

Farida, A., Salsabila, H.U., dkk (2021). Optimasi Gadget dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1 NO.8.

Febriyani, R., Wiguna, S., & Arafah, N. (2023). Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Terhadap Anak di SDN 050436 Sei Lepan Kabupaten Langkat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara. VOL. 3. NO 3.

Irfan, Rahmansandi, dkk (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanggulagi Kecanduan Penggunaan Gadget Pada Anak di Kelurahan Nitu Kota Bima. Education Jurnal Pendidikan Sosiologi. Vol. 6. NO 1.

Jufida, Basuki R.F, & Kurniawati W. (2021). Agen Penggerak Permainan Tradisional: Solusi Mengurangi Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Surya Masyarakat: Vol. 4. NO 1

Kusumastuti A, Khairon M, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Harun S.R, Herani, H. Dkk (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar Ponogoro: Uwais Inspirasi Indonesia.

Purwati L., Wuladari D.M., & Darsinah. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Jurnal Papeda. VOL.4. NO.2.

Setiaputri, K. A. (2021). Kenali Tanda-Tanda dan Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget.

Zaini, M., & Soenarto, S. 2019. Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264.

Downloads

Published

30-06-2025