Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika adalah jurnal yang menerbitkan artikel pada bidang Pendidikan informatika/komputer dan bidang lainnya yang relevan. Artikel yang dipublikasi pada jurnal ini adalah artikel yang belum pernah dipublikasi pada jurnal lain. Naskah (Manuscript) di tulis dalam program Microsoft Word (MS Word), jenis Font Time New Roman dengan ukuran 12, menggunakan kertas A4, dengan margin 2.5 di bagian kiri, kanan, atas, dan bawah, dan 1 spasi, serta maksimal 10 halaman.
  2. Manuscript yang akan dimasukkan pada jurnal ini dapat diakses melalui laman jurnal http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edumatic , dan dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris.
  3. Kami menyarankan agar penulisan kutipan (citation) dan daftar referensi menggunakan aplikasi reference manager seperti: Mendeley, Zetoro, EndNote, dan lain sebagainya untuk menghindari terjadi kesalahan pengetikan (typografi).
  4. Manuscript harus mengikuti template yang dapat di download disini
  5. Dilarang melakukan duplikasi, febrikasi, dan plagiarism
  6. Manuscript harus dicek tingkat plagirismenya dengan menggunakan Turnitin atau iThenticate dan maksimal tingkat plarismenya adalah 20% dari bagian abstrak sampai simpulan
  7. Sistematika penulisan manuscript terdiri dari: judul, nama Penulis, afiliasi penulis dan email, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Referensi.
  8. Judul harus berisi variabel penting dalam penelitian. Tidak perlu memasukkan lokasi penelitian kecuali apa yang dibahas benar-benar unik di lokasi itu.
  9. Nama dan afiliasi penulis harus ditulis dengan benar dan konsisten, baik dalam OJS maupun dalam naskah. Afiliasi penulis harus lengkap: nama departemen, universitas, negara.Semua penulis dalam naskah harus terdaftar /diketik dalam OJS saat mengisi"penulis"dalam proses pengiriman artikel.
  10. Abstrak ditulis dalam 1  paragraf sekitar 150-200 kata tanpa lekukan baris pertama dengan 1 spasi dan font size 11.Kami sangat mendorong penulis untuk menggunakan gaya abstrak terstruktur berikut, tetapi tanpa judul: (1) Latar belakang: tempatkan analisis kesenjangan dari penelitian ini (sekitar 1-2 kalimat) dan menyoroti tujuan penelitian; (2) Metode: secara singkat menggambarkan metode utama yang diterapkan, termasuk sampel / peserta, instrumen, mengumpulkan teknik data, dan menganalisis teknik data dan lain lain; (3) Hasil: meringkas temuan utama artikel, harus sejalan dengan tujuan penelitian; (4) Implikasi: jelaskan secara singkat dampak penelitian Anda. Abstrak harus menjadi representasi objektif dari artikel. Ini tidak boleh berisi hasil yang tidak disajikan dan dibuktikan dalam teks utama dan tidak boleh membesar-besarkan kesimpulan utama. Harus mengisi abstrak dan kata kunci dalam OJS.
  11. Pendahuluan harus jelas dan ditulis secara deskriptif. Pendahuluan harus memuat setidaknya lima hal, yaitu (1) isu yang berkaitan dengan penelitian, baik isu internasional maupun nasional. Cobalah untuk memiliki sumber yang terkait dengan masalah ini, dan tidak diperbolehkan untuk menampilkan masalah yang tidak memiliki sumber yang jelas; (2) bagaimana tanggapan para peneliti terkait dengan masalah ini. Cobalah untuk memiliki pendapat ahli yang terkait dengan masalah ini untuk memperkuat argumen peneliti; (3) bagaimana penelitian sebelumnya terkait dengan isu-isu yang disajikan. Lalu, di mana kesenjangan antara penelitian yang dilakukan dan penelitian sebelumnya? Hasil penelitian sebelumnya harus relevan dengan topik penelitian; (4) bagaimana kebaruan atau kesenjangan penelitian yang dilakukan didukung oleh teori yang relevan dan bersumber dari sumber utama; (5) sampaikan atau deskripsikan bahwa penelitian ini penting untuk dilakukan dan (6) bagaimana fokus atau tujuan penelitian dilakukan. Penulis dapat menulis tujuan atau masalah penelitian deskriptif dalam paragraf terakhir dari bagian pendahuluan ini, tanpa perlu adanya penomoran atau bullet.
  12. Metode harus dijelaskan dengan rincian yang cukup untuk memungkinkan orang lain untuk mereplikasi dan membangun hasil yang dipublikasikan. Bagian ini menjelaskan desain dan model penelitian yang digunakan (misal waterfall, ADDIE, dll untuk pengembangan), alasan untuk desain, prosedur penelitian yang diterapkan, populasi dan penelitian sampel atau peserta, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Deskripsi harus di masa lalu tegang.
  13. Pada bagian Hasil dan Pembahasan, disajikan dengan cara yang jelas dan terperinci. Hasil penelitian dipisah dengan pembahasan, dan bagian hasil dapat dipresentasikan berdasarkan hasil penelitian pada setiap tahap penelitian (yang merujuk pada desain atau model penelitian) atau hasil penelitian yang menjawab setiap rumusan masalah atau lainnya selama hasil penelitian yang telah dilakukan terlihat. Hasil penelitian harus didukung oleh bukti empiris bisa dalam bentuk gambar, tabel, dan deskripsi.
  14. Pada Pembahasan, penulis harus membahas secara detail hasil temuan yang disajikan pada bagian hasil. Bagian ini menyajian temuan dan implikasinya harus dibahas dalam konsteks seluas mungkin, serta dapat mengarah ke penelitian selanjutnya. Selain itu, bagian ini perlu dibahas lebih mencalam hasil temuan ini dengan temuan sebelumnya letak relevan atau perbedaannya apa. Sehingga dalam pembahasa, kebaruan hasil temuan ini dengan temuan sebelumnya harus ada.
  15. Pada Simpulan, penulis harus menjelaskan jawaban atas masalah atau pertanyaan penelitian yang diajukan. Penulis tidak boleh menjelaskan kalimat berulang kali dari bagian sebelumnya. Penulis harus memberikan atau menyampaikan intisari dari pembahasan yang telah dijabarkan. Selain itu, penulis harus menggambarkan implikasi atau keterbatasan penelitian ini dan disajikan secara deskripsitf dalam 1 paragraf tanpa adanya penomoran.
  16. Referensi. Bagian ini kami menyarakan menyiapkan aplikasi referensi manager untuk menghindari kesalahan pengetikan dan referensi duplikat, seperti Mendeley, EndNote, ReferenceManager, atau Zotero. Sertakan pengenal objek digital (DOI) untuk semua referensi jika tersedia.Semua referensi harus ada di tubuh artikel dan sebaliknya. Sumber yang dimaksud dalam isi artikel harus berada di bagian referensi. Referensi yang digunakan setidaknya minimal 15 referensi yang terdiri dari minimal 80% dari artikel jurnal dan sisanya dari referensi lainnya. Referensi harus up-to-date, setidaknya lima tahun terakhir, kecuali untuk teori-teori dasar yang diperlukan dalam menulis artikel. Penulisan referensi dan kutipan mengikuti aturan Gaya APA, versi 7, seperti contoh berikut:

Buku

Penulis 1, Penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul Buku cetak miring. Edisi, Penerbit. Tempat Publikasi.

 Deitel, P., & Deiitel, H. (2012). C++ How to Program. Boston: PearsonEducation.

  

Artikel Jurnal

Penulis 1, Penulis 2 dst, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul artikel.Nama Jurnal cetak miring. Volume (Nomor): Halaman.

 Gillan, D. J., & Bias, R. G. 2001. Usability Science. I: Foundations. International Journal of Human-Computer Interaction, 13(4), 351-372.

 

Prosiding Seminar/Konferensi

Penulis 1, Penulis 2 dst, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul artikel.Nama Konferensi, Halaman, kota atau Negara: penerbit (publisher)

 Paramitha, A. A. I. I., Dantes, G. R., & Indrawan, G. (2018). The Evaluation of Web Based Academic Progress Information System Using Heuristic Evaluation and User Experience Questionnaire (UEQ). Third International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 1–6. Palembang, Indonesia: IEEE.

 Fistek, A., Jester, E., & Sonnenberg, K. (2017, July 12–15). Everybody’s got a little music in them: Using music therapy to connect, engage, and motivate [Conference session]. Autism Society National Conference, Milwaukee, WI, United States. https://asa.confex.com/asa/2017/webprogramarchives/Session9517.html

 

Skripsi, Tesis, Disertasi pada database

Hollander, M. M. (2017). Resistance to authority: Methodological innovations and new lessons from the Milgram experiment (Publication No. 10289373) [Doctoral dissertation, University of Wisconsin–Madison]. ProQuest Dissertations and Theses Global.

 

Skripsi, Tesis, Disertasi tanpa terpublikasi online

Hutcheson, V. H. (2012). Dealing with dual differences: Social coping strategies of gifted and lesbian, gay, bisexual, transgender, and queer adolescents [Master’s thesis, The College of William & Mary]. William & Mary Digital Archive. https://digitalarchive.wm.edu/bitstream/handle/10288/16594/HutchesonVirginia2012.pdf

 

Internet

Laksono, F. (2019). Pengertian dan Dasar Input Output C++. Retrieved December 12, 2020, from Belajar C++ website: https://www.belajarcpp.com/tutorial/cpp/dasar-input-output

 

List of oldest companies. (2019, January 13). In Wikipedia. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=List_of_oldest_companies&oldid=878158136

 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

 

Copyright Notice

Semua tulisan pada jurnal ini adalah tanggung jawab penuh penulis. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika bisa diakses secara free (gratis) tanpa ada pungutan biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are NOT required to pay an Article Submission Fee.

Article Processing Charges (APCs) / Article Publication Fee: 650000.00 (IDR)

This journal charges the article publication fee for supporting the cost of wide-open access dissemination of research results, managing the various costs associated with handling and editing of the submitted manuscripts, and the Journal management and publication in general, the authors or the author's institution is requested to pay a publication fee for each article accepted.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.