HUBUNGAN SIKAP MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 06 MONTONG BAAN

Authors

  • Atiaturrahmaniah Atiaturrahmaniah Universitas Hamzanwadi
  • Suci Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.1202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara sikap matematika dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Montong Baan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik sampling jenuh. Jumlah kelas V secara keseluruhan sebanyak 24 siswa. Kemudian yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas V. tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data. Data dianalisis menggunakan uji korelasi prodact moment. Hasil hipotesis pada angket dengan n = 24 diperoleh rhitung 0,495 > rtabel 0,404 sedangkan uji hipotesis pada observasi dengan n = 24 diperoleh rhitung 0,470 > rtabel 0,404. Berdasarkan hasil uji hipotesis angket maka dapat diketahui Ha diterima dan Ho ditolak begitupun dengan
hasil uji hipotesis observasi dapat diketahui Ha diterima dan ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi antara sikap matematika dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Montong Baan.

Kata Kunci : Sikap Matematika, Hasil Belajar

 

Downloads

Published

2018-12-29

How to Cite

Atiaturrahmaniah, A., & Rahayu, S. (2018). HUBUNGAN SIKAP MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 06 MONTONG BAAN. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 58–65. https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.1202