Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja

Authors

  • Atiaturrahmaniah Atiaturrahmaniah Universitas Hamzanwadi
  • Musabihatul Kudsiah Universitas Hamzanwadi
  • Eni Maria Ulfa Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4657

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan belajar matematika pada yang dialami siswa, faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, dan mengungkapkan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika di kelas IV Sekolah Dasar khususnya pada materi pecahan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 7 siswa yang terindikasi kesulitan belajar matematika dan guru kelas IV.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV yang berjumlah 7 siswa mengalami kesulitan belajar matematika pada materi pecahan. Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika materi pecahan yaitu, kesulitan dalam memahami konsep pecahan, kesulitan dalam menghitung, dan kesulitan dalam memecahkan masalah pada soal cerita. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa adalah faktor internal meliputi sikap siswa terhadap pelajaran matematika mempengaruhi proses belajar, motivasi belajar yang rendah, dan kesehatan tubuh. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, serta sarana dan prasarana di sekolah. Disarankan kepada guru untuk meningkatkan perhatian, motivasi, dan minat siswa terhadap pelajaran matematika dengan menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, serta penggunaan media pembelajaran yang konkrit.

Author Biography

Atiaturrahmaniah Atiaturrahmaniah, Universitas Hamzanwadi

im a lecture

References

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Ibrahim.(2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Rofiqi & Zaiful Rosyid.(2020). Diagnosis Kesulitan Belajar pada Siswa.Malang: Literasi Nusantara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-31

How to Cite

Atiaturrahmaniah, A., Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 268–278. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4657

Most read articles by the same author(s)