Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja

Atiaturrahmaniah Atiaturrahmaniah, Musabihatul Kudsiah, Eni Maria Ulfa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan belajar matematika pada yang dialami siswa, faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, dan mengungkapkan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika di kelas IV Sekolah Dasar khususnya pada materi pecahan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 7 siswa yang terindikasi kesulitan belajar matematika dan guru kelas IV.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV yang berjumlah 7 siswa mengalami kesulitan belajar matematika pada materi pecahan. Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika materi pecahan yaitu, kesulitan dalam memahami konsep pecahan, kesulitan dalam menghitung, dan kesulitan dalam memecahkan masalah pada soal cerita. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa adalah faktor internal meliputi sikap siswa terhadap pelajaran matematika mempengaruhi proses belajar, motivasi belajar yang rendah, dan kesehatan tubuh. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, serta sarana dan prasarana di sekolah. Disarankan kepada guru untuk meningkatkan perhatian, motivasi, dan minat siswa terhadap pelajaran matematika dengan menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, serta penggunaan media pembelajaran yang konkrit.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Ibrahim.(2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Rofiqi & Zaiful Rosyid.(2020). Diagnosis Kesulitan Belajar pada Siswa.Malang: Literasi Nusantara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.