Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Observasi Pada Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPA Di Kelas IV SDN 2 Pancor
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5831Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan LKPD dan hasil pengembangan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain, pembuatan prototype, uji coba lapangan, revisi, penerapan dalam proses pembelajaran, dan revisi terakhir. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No 2 Pancor yang dilakukan dua kali uji coba yakni uji coba skala kecilterdiri dari 12 orang dan uji coba skala besar 24 orang siswa. Hasil validasi dari ahli materi, ahli bahasa, ahli tampilan serta ahli praktisi menunjukkan kualifikasi baik, dengan rata-rata ideal, nilai ahli materi 30, ahli tampilan 22,5, ahli bahasa 22,5 dan ahli praktisi 12,5. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukkan kualifikasi tinggi, yaitu uji coba skala kecil skor rata-rata 68,8 dengan ketuntasan belajar 83,33%. Sedangkan uji coba skala besar skor rata-rata 74,16 dengan ketuntasan belajar 87,5%. Pada uji coba skala kecil diperoleh thitung 2,683 dan ttabel 2,22814. Karena thitung > ttabel maka ditolak diterima. Sedangkan pada skala besar diperoleh thitung 8, 099 dan ttabel 2,07387. Karena thitung > ttabel maka ditolak diterima. Dari kedua data hasil belajar siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar LKPD IPA berbasis observasi pada lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN No 2 Pancor.
References
Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2011. PAIKEM GEMBROT. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Husamah. 2013. OUTDOOR Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Jogjakarta: MITRA CENDIKIA Offset
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana