Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 2 Tebaban

Authors

  • Hadiatul Rodiyah Universitas Hamzanwadi
  • Musabbihatul Kudsiah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Zohriah Zohriah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Dina Fadilah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Mijahamuddin Alwi Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.29115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 2 Tebaban. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Tebaban, sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, pengajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian kurikulum merdeka, sekolah telah melaksanakan peningkatan kompetensi guru melalui beberapa kegiatan pelatihan, diantaranya Bimbingan Teknis (BIMTEK), pelatihan ditingkat kabupaten, webinar, pelatihan di gugus, pelatihan di Plat Form Merdeka Mengajar (PMM) dan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kesiapan guru dalam menyiapkan perangkat ajar. Guru sudah menyiapkan perangkat ajar, guru juga melakukan asessmen formatif dan sumatif selain itu guru melakukan asesmen diagnostik awal kepada siswa. Pada kegiatan kokurikuler yaitu pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sekolah telah melaksanakannya. Dalam pelaksanaannya guru sudah memiliki modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) serta sudah memiliki rubrik penilaian sebagai pedoman dalam pelaksanaannya. Pengimplementasian kurikulum merdeka disekolah tersebut belum sepenuhnya berjalan secara maksimal. Adapun kesulitan yang dialami yaitu kurangnya pemahaman guru, keterbatasan waktu, serta kurangnya sarana dan prasarana.

References

Albar, J. (2022). ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 10(2), 273–279. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.891

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Asesmen Diagnostik sebagai Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20-29.

Anjali, Dian Talsania (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (STUDI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG).

Maulida, N., Ghasya, D. A. V., & Pranata, R. (2023). Deskripsi Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. Journal on Education, 6(1), 6414-6420.

Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Purnamasari, E., Wardono, W., & Waluya, B. (2024, February). Efektivitas Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 342-348).

Purnamasari, E., Wardono, W., & Waluya, B. (2024). Efektivitas Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 342–348. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal basicedu.

(4), 6313–6319.

Ramadhani, D. P. (2021). Analisis penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran IPA dan Fisika: literature review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 110- 120.

Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA. CV

Supriyanto, S. (2023) Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil (P5) Sebagai Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar.

SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-9.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Rodiyah, H., Kudsiah, M., Zohriah, Z., Fadilah, D., & Alwi, M. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 2 Tebaban. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 901–910. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.29115

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>