Pengamalan Pendidikan Karakter pada Siswa Fase A di Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Selatan

Pengamalan Pendidikan Karakter, Siswa Fase A

Authors

  • M Deni Siregar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Dina Fadilah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26525

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengamalan pendidikan karakter oleh siswa di SDN 1 Kelayu Selatan pada siswa fase A. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui secara natural proses penguatan pendidikan karakter. Sumber data dari penelitian kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa fase A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dengan guru, orang tua dan siswa fase A, dan dokumentasi. Data penelitian diuji keabsahan menggunakan triangulasi data dan informan. Analisis menggunakan teknik analisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penguatan pendidikan karakter melalui program pengamalan baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga, di sekolah guru menyiapkan model pembelajaran yang mampu menguatkan pengamlan karakter siswa, sedangkan dalam kegiatan sehari-hari siswa dianjurkan melakukan semua norma yang berlaku dan di tetapkan oleh pihak sekolah.

 

References

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1),. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Arfiani, S., Fajriyah, K., Sumarno, S., & Mujilah, M. (2023). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Kelas Rendah Di SDN Sambirejo 02 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9481–9493.

Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, & Hartalik, S. (2021). Pengamalan Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6).

BUKOTING, S. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82.

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.

Misbah, H. (2023). Internalisasi Nilai Karakter dalam Lingkungan Keluarga di Desa Suka Damai Kecamatan Singkil. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Oktanisa, S., Marshinta, F. U., Maja, I., Rini, R., & Meirani, W. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–10.

Putri, R. A., & Widyaningsih, A. (2023). Sekolah Zero Bullying dengan Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Nusa Persada Tengaran. INDONESIAN JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT (IJCE), 5(1), 6–13.

PUTRI, S. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBINAAN REMAJA ISLAM MASJID (RISMA) NURUL FALAH KECAMATAN SUKAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214.

Sumadi Suryabrata. (1986). Psikologi Kepribadian. CV. Rajawali.

Syamsu Yusuf. (2007). Teori Kepribadian. Rosda Karya.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Siregar, M. D., & Fadilah, D. (2024). Pengamalan Pendidikan Karakter pada Siswa Fase A di Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Selatan: Pengamalan Pendidikan Karakter, Siswa Fase A . Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 616–630. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26525

Most read articles by the same author(s)