Analisis Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 02 Masbagik Utara
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3852Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 02 Masbagik Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis media pembelajaran bahasan Indonesia, mengetahui bagaimana minat membaca pada siswa, upaya yang digunakan untuk mengembangkan minat membaca, dan faktor pendukung dan penghambat minat membaca pada siswakelas V SDN 02 Masbagik Utara. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.Populasi penelitian ini adalah kelas V SDN 02 Masbagik Utara.Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Menarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah 6 Guru dan 6 Siswa kelas V SDN 02 Masbagik Utara. Setelah dianalisis diketahui hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa berkurang dikarenakan beberapa faktor seperti faktor internal dan faktor eksternal siswa, Adanya media pembelajaran bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat membaca siswa menjadi lebih tinggi.
References
Fadilah, D., Rohini, R., & Sumiati, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Samawa Berbentuk Multimedia Interaktif. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 97–101.
Hamzah, A. (2019). Metode penelitian dan pengembangan. Literasi Nusantara.
Kudsiah1, M., & Alwi, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 102–106.
Maula, H., Afifulloh, M., & Ertanti, D. W. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Membaca Melalui Kegiatan Literasi Siswa Kelas X C1 Mipa Di Sman 5 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 77–85.
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenadamedia grup.
Rudy Simuhartono & Hisbiyatul. (2017). Media pembelajaran. CV Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.
Sussanto, A. (2016). teori belajar dan pembelajaran. Prenadamedia grup.