Peran Guru dalam Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Selatan
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30673Keywords:
Sekolah dasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan karakter kebhinekaan global siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Selatan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas V. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik untuk menganalisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, serta penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu guru-guru Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Selatan telah memaksimalkan perannya di dalam penumbuhan karakter kebhinekaan global siswa. Guru mengintegrasikan ke dalam pembelajaran, kegiatan sekolah, membiasakan kepada siswa melakukan kebiasan yang baik, penugasan secara individu atau kelompok tentang kebudayaan lokal serta Internasional. Penumbuhan karakter kebhinekaan global ini sangat penting di era globalisasi ini. Untuk itu, sekolah terutama guru merupakan kunci untuk mengatasi hal tersebut, guru harus berkomitmen untuk mengantarkan siswa meraih tujuan pendidikan yang diharapkan. Tidak hanya peran guru, semua komponen sekolah juga harus dimaksimalkan.
Kata Kunci: Kebhinekaan Global, Sekolah Dasar, Profil Pelajar Pancasila.
References
Afriansyah, A. G. K., Asmaroini, A. P., & Cahyono, H. (2024). Implementasi dimensi kebhinekaan global dalam pendidikan karakter di SMPN 2 Kecamatan Pulung, Ponorogo. Implementasi Dimensi Kebhinekaan Global Dalam Pendidikan Karakter Di SMPN 2 Kecamatan Pulung, Ponorogo, 9(1), 84–92.
Ayu, S. P., Qosim, N., & Solehudin, S. (2024). Studi Deskriptif Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Satreyan 3 Maron. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1), 103–109.
Daryanto, D., & Ernawati, F. (2024). Integrasi Moral dan Etika dalam Pendidikan Agama Islam. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 9(1), 15–31.
Dharmawan, F., Suherman, A., Kurniawan, B., & Rahmatia, S. (2024). Implementasi Pendidikan Dasar Robotika melalui Penggunaan Mikrokontroler Arduino untuk Siswa Kelas 12 SMA Al Fityan School Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 3(1), 66–71.
Farikhin, F., Rofi’ah, S. H., Maghfirah, N. I., Subaidah, S., & Mufarohah, A. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Kepatihan 06 Jember). International Conference on Humanity Education and Society (ICHES), 3(1).
Hanifah, D. A., & Afrizal, S. (2025). Peran Orangtua Tunggal dalam Pembentukan Karakter Anak (Studi Kasus di Lingkup Pendidikan Sosiologi Angkatan 22 dan 23 FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 482–487.
Haniifah, A. (2024). EFEKTIVITAS LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN DALAM MENINGKATKAN KEBHINEKAAN GLOBAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 PRACIMANTORO-2051000010. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(7), 5792–5803.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Parisu, C. Z. L., Saputra, E. E., & Lasisi, L. (2025). Integrasi literasi sains dan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 864–872.
Putri, R. A., & Widyaningsih, A. (2023). Sekolah Zero Bullying dengan Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Nusa Persada Tengaran. INDONESIAN JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT (IJCE), 5(1), 6–13.
PUTRI, S. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBINAAN REMAJA ISLAM MASJID (RISMA) NURUL FALAH KECAMATAN SUKAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214.
ROHIM, A. (2024). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN PADA MI AL FATTAH DUKUTALIT JUWANA PATI. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Rudiarta, I. W., & Pramana, I. B. K. Y. (2025). Penguatan Karakter Disiplin Siswa melalui Latihan Pranayama. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 51–63.
Siregar, M. D., & Fadilah, D. (2024). Pengamalan Pendidikan Karakter pada Siswa Fase A di Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Selatan: Pengamalan Pendidikan Karakter, Siswa Fase A. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 616–630.
Siswadi, G. A., & Putri, K. (2024). Pendidikan Perdamaian Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Fondasi Pendidikan Untuk Kemanusiaan di Tengah Keberagaman. Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama, 10(1), 63–72.
Suaka, I. N., & Wiastra, I. G. G. (2024). Strategi Penguatan Kurikulum Merdeka Melalui Model Kebhinekaan Latar Dan Karakter Dalam Helai-Helai Sakura Gugur. Prosiding Sandibasa Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 42–51.
Sumarni, R., Dewi, D. A., & Adriansyah, M. I. (2024). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan pada Generasi Alpha sebagai Bentuk Ketahanan Diri dalam Mengahadapi Arus Globalisasi. MARAS J. Penelit. Multidisiplin, 2(1), 7–15.
Tafonao, S. P. N., Lase, B. P., Harefa, A., & Lase, F. (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11308–11315.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Deni Siregar, Muhammad Husni, Dina Fadilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.