Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter pada Fase New Normal Covid-19

Muhammad Husni, Abdullah Abdullah, Siti Ulfiaturruhi, Yul Alfian Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter menggunakan desain penelitian pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah disederhanakan menjadi 7, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draft awal, uji awal produk, revisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan utama, revisi produk berdasarkan uji coba lapangan utama. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III dengan jumlah 21. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes hasil belajar siswa. Hasil uji validasi ahli desain media memperoleh skor 75 berada pada rentang 67,99<X≤83,99 dengan kategori “baik”. Hasil uji validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 82 berada pada rentang 67,99<X≤83,99  dengan kategori “baik”. Hasil  angket respon siswa terhadap keefektifan penggunaan modul yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 62,88 dan berada pada rentang 51<X≤63 dengan kategori “baik”. Hasil penilaian kepraktisan yang dilakukan guru kelas memperoleh skor sebesar 47 berada pada rentang X>41,98 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan penilaian pretest dan posttest yang dilakukan ini menunjukkan perubahan yang baik, yaitu pretest dengan ketuntasan belajar maksimal hanya 53% kemudian posttest dengan hasil 86%. Sehingga dapat disimpulkan, modul pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang kegiatan belajar di rumah.


Full Text:

PDF

References


Dakir, H. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kusumah, D. (2007). Pendidikan karakter. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Jogjakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.18764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.