Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika SD

Kesulitan Belajar, Matematika, Pembelajaran

Authors

  • Iwan Usma Wardani Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Abdullah Abdullah Program Studi Matematika Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Rifaatul Mahmudah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Hadiatul Rodiyah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26898

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang paling banyak siswa mengalami kendala dan merasa kesulitan dalam memahami konsep-konsepnya adalah mata pelajaran matematika. Tugas seorang guru tidak hanya mentransfer ilmu atau menyampaikan ilmu pembelajaran kepada siswa di dalam kelas. Adapun sebagian besar siswa memaparkan bahwa mata pelajaran yang memiliki keterkaitan dengan perhitungan merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Tujuannya adalah mengetahui terkait strategi penanganan kesulitan belajar di mata pelajaran matematika di jenjang sekolah dasar. Penulisan artikel ini menggunakan jenis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kesulitan belajar matematika bisa disebabkan oleh faktor internal, diantaranya adalah kebiasaan belajar, sikap dan motivasi peserta didik, minat belajar peserta didik, dankemampuan pengindraan. Sedangkan pendeskripsian dari faktor eksternal, diantaranya adalah fasilitas pembelajaran, hubungan peserta didik dengan guru, dan metode pengajaran yang digunakan oleh pendidik Kesimpulannya adalah cara penanganan dari kesulitan belajar matematika peserta didik pada jenjang sekolah dasar, diantaranya adalah blended learning digunakan, kurikulum ketahanan diri dilaksanakan dengan baik, menggunakan   IT   dioptimalkan   dalam   proses   pembelajaran,   remidial   matematika   berbasis pembelajaran  tambahan  diberikan  terhadap  peserta  didik,  dan  kesulitan  belajar  peserta  didik terhadap pelajaran matematika didiagnosis sedini mungkin.

References

Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(2), 11-20.

Arifin, M. F. (2020). Kesulitan Belajar Siswa Dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989-1000.

Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal

Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293-306.

Nursalam, N. (2016). Diagnostik kesulitan belajar matematika: Studi pada siswa SD/MI di Kota Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(1), 1-15.

Permadi, M. F., YANTORO, Y., & HAYATI, S. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Rumetna, M. S. (2018). Pemanfaatan Cloud Computing Pada Dunia Bisnis: Studi

Literatur. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(3). 305-314.

Sholihah, R. (2018). Penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning (ctl) dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pecahanPada siswa kelas v MI Miftahul Ulum Tlogoagung Kembangbahu Lamongan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Sujadi, I. (2019). Peran pembelajaran matematika pada penguatan nilai karakter bangsa di era revolusi industri 4.0. Prosiding Silogisme, 1(1).

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43-50.

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2019). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 63-68.

Widyasari, N. M. D., Meter, I. G., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).

Yuliardi, R. (2017). Analisis terhadap kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari aspek psikologi kognitif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 23-30.

Wardani, I. U., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Systematic Literature Review Etnomatematika: Pendidikan Matematika pada Kearifan Lokal Sasak. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2845-2858.

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Wardani, I. U., Abdullah, A., Mahmudah, R., & Rodiyah, H. (2024). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika SD: Kesulitan Belajar, Matematika, Pembelajaran. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 605–615. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26898

Most read articles by the same author(s)