Implementasi Model Karisma Matematika Sebagai Penanaman Karakter Anak

rifaatul mahmudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model karisma sebagai penanaman arakter anak menggunakan pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek uji coba di kelas IV MI NW Korleko. Data dianalisis dengan deskriptif, uji ketuntasan belajar menggunakan uji t, uji proporsi z (Uji Ketuntasan Individu), Uji Banding

(Uji Perbedaan Hasil Belajar Kelompok Eksperimen dengan Kelas Kontrol), Uji Regresi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model karisma yang diimplementasikan direspon baik oleh Guru, karena karakter atau akhlak anak yang diinginkan mulai tertanam. (2) Hasil belajar (HB) mencapai ketuntasan klasikal, uji proporsi menunjukkan Hasil belajar siswa memenuhi standar kriteria minimum, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. pada uji regresi diperoleh simpulan bahwa karakter siswa berpengaruh positif terhadap HB.  Adanya peningkatan HB kelas eksperimen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v3i1.655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA