Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Basedlearning) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Tema 8 Kelas V

Authors

  • Hadiatul Rodiyah Universitas Hamzanwadi
  • Abdullah Abdullah Universitas Hamzanwadi
  • Susilawati Susilawati Universitas Hamzanwadi
  • Zalia Muspita Universitas Hamzanwadi
  • Isti Rahayu Amalia Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4941

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  model pembelajaran  Project  Based  Learning  (PjBL)  terhadap  kreativitas  siswa  pada tema 8 kelas V SDN 4 Denggen Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dan desain yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah  Pretest  Posttest  Control  Group  Design.  Jumlah  sampel dalam penelitian ini ada peserta didik kelas V adalah 60  peserta didik,  yang kemudian 2 kelas merupakan sampel yaitu kelas V SDN 4 Denggen berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan SDN 2 Kelayu Selatan berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket dan lembar observasi. Angket dan lembar obsevasi digunakan untuk mengukur kreativitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian  menunjukkan  bahwa  nilai  rata-rata  pretest  pada  kelas  eksperimen adalah 71,72, sedangkan rata-rata posttestnya adalah 76,06. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 72,97 dan nilai posttest dengan rata- rata 75,78, uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 0,3dan ttabel =2.01. Artinya thutung < ttabel Ho diterima dan Ha ditolak, Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Tema 8 Kelas V SDN 4 DENGGEN.

References

Creswell, J. W. (2019). Research Desigen Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinantika, H. K. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Martono, N. (2016). Metodologi Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 6, Nomor 1, hal 60-71.

Suardana, N., Wulandari, A. S., & Devi, N. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Jppsi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, Volume 2, Nomor 1, hal 47-58.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rodiyah, H., Abdullah, A., Susilawati, S., Muspita, Z., & Amalia, I. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Basedlearning) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Tema 8 Kelas V. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 347–357. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4941

Most read articles by the same author(s)