Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Tema 4 Subtema 4 Kelas 3 Pada Sekolah Dasar.

Authors

  • Zalia Muspita Universitas Hamzanwadi
  • Abdul Aziz Universitas Hamzanwadi
  • Abdullah Abdullah Universitas Hamzanwadi
  • Saprudin Jauhari Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa kelas III di SDN 2 Masbagik Utara yang berjumlah 27 orang siswa. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kuantitatif. Dimana penelitian ini menggunakan fakta atau fenomenologi yang ada padaa kegiatan proses belajar mengajar siswa yang menggunakan media audio visual dalam kegiatan pproses belajar mengajar di kelas. Variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah penggunaan media audio visual dalam proses belajar mengajar, sedangkan variabel terikatnya yaitu minat belajar PKN pada siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang diambil secara cluster random sampling atau secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok, dimana angket dibagikan kebada peserta didik untuk mengetahui pengarug media audio visual terhadap minat belajar siswa, yang disesuaikan dengan indikator penilaian minat, serta teknik analisis data statistik penulis gunakan untuk menganalisa data yang terkumpul dalam penelitian ini menggunakan rumus chi kuadrat. Untuk uji normalitas data menggunakan chi-kuadrat, sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,755 > 1,705. Berdasarkan hasil data, fakta, dan teori yang diperoleh, membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran PKN di SD Negeri 2 Masbagik Utara. Hal ini berarti bahwa tingkat kesesuaian media audio visual yang digunakan dengan materi pelajaran, maka minat belajar akan semakin meningkat.

 

References

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : KENCANA.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Dalyono. 2010. Psikologi pendidikan. Jakarta : PT Renika Citra.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Muspita, Z., Aziz, A., Abdullah, A., & Jauhari, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Tema 4 Subtema 4 Kelas 3 Pada Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 139–148. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5821

Most read articles by the same author(s)