ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGKA PUTUS SEKOLAH DI NUSA TENGARA BARAT MENGUNAKAN GENERALIZED POISSON REGRESION

Authors

  • Ristu Haiban Hirzi
  • Ayu Septiani Universitas Hamzanwadi
  • Siti Hariati Hastuti Universitas Hamzanwadi
  • Jatiatul Muhsinah Universitas Hamzanwadi
  • Rodi Satriawan Universitas Hamzanwadi
  • Abdullah Abdullah Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.22701

Abstract

Pendidikan adalah suatu modal dasar kemajuan suatu bangsa. Indonesia mengalami krisis pendidikan dengan hasil yang konsisten berada di peringkat bawah dalam beberapa riset internasional. Salah satu permasalahan dalam bidang pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah keberadaan anak putus sekolah. Salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki permasalahan tingginya angaka putus sekolah adalah Provinsi Nusa Tengara Barat. Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam NTB Satu Data (2022), angka putus sekolah jenjang SD, SMP, SMA/SMK pada tahun ajaran 2021/2022 memang masih cukup besar. Untuk jenjang SD, jumlah siswa yang putus sekolah sebanyak 344 orang atau 0,07 persen. Sedangkan untuk jenjang pendidikan SMP, jumlah siswa yang putus sekolah di NTB sebanyak 43 orang. Sementara, angka putus sekolah untuk jenjang SMA sebanyak 47 orang. Jenjang pendidikan berikutnya yang banyak siswa putus sekolah adalah SMK, sebanyak 249 orang atau 0,34 persen. Angka putus sekolah disebabkan karena faktor ekonomi seperti persentase penduduk miskin, jumlah pengangguran, pendapatan/PDRB perkapita, indeks pembangunan manusia serta faktor lain yang diduga mempengaruhi angka putus sekolah. Hal tersebut dapat diatasi menggunakan metode Generalized Poisson Regression (GPR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi angka putus sekolah di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpegaruh signifikan terhadap jumlah anak putus sekolah tingkat SMK di Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2023 adalah kepadatan penduduk, IPM, APM dan angka buta huruf.Kata Kunci: Angka Putus Sekolah, Regresi, Generalized Poisson Regression (GPR)

References

BPS. 2021. Nusa Tenggara Barat Dalam Angka 2021. NTB: Badan Pusat Statistik Provinsi NTB.

Bozdogan. (2000). Akaike's Information Criterion and Recent Development in Inroration Complexity. Mathematical physcology, 1(1), 62-91.

Kotimah, M. K., & Wulandari, S. P. (2014). Model Regresi Logistik Biner Stratifikasi Pada Partisipasi Ekonomi Perempuan Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Sains dan Seni ITS, 3(1), D1-D6.

Nasra, 2016. “Pemodelan Angka Putus Sekolah Bagi Anak Usia Wajib Belajar Di Provinsi Sulawesi Selatan Dengan Pendekatan Generalized Poisson Regression (Gpr)”, Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.

Putra, I. Y. E., Kencana, I. E., & Srinadi, I. A. (2013). Penerapan Regresi

Generalized Poisson untuk Mengatasi Fenomena Overdispersi pada Kasus

Regresi Poisson. E-Jurnal Matematika Universitas Udayana Bali, Vol.2

No.2, 49-53

Rifai, T. Q. A. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi angka putus sekolah di Provinsi Jawa Timur menggunakan metode Generalized Poisson Regression (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Ridwan, R., Irawaty, I., & Momo, A. H. (2019) FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH (Studi di Desa Mapila Kecamatan Kabaena Utara Kabupaten Bombana). SELAMI IPS, 12(1), 62-72

Ruliana. (2015). Pemodelan Generalized Poisson Regression (GPR) untuk

Mengatasi Pelanggaran Equidispersi pada Regresi Poisson Kasus Campak diKota Semarang. Skripsi. Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang.

Semarang.

Suara NTB. (2021). Tersedia di: https://www.suarantb.com/angka-putus-sekolah-masih-tinggi-dikbud-ntb-luncurkan-program-sekolah-terbuka/

Tanti, K., Nur, S., & Dewi, A. (2010). Analisis Regresi Linear Berganda dengan Satu Variabel Boneka (Dummy Variable). Jurnal Matematika Murni dan Terapan, 4(2), 14-20.

Walpole, E. R., & Myers, H. R. (1995). Ilmu Peluang dan Statistik untuk Insinyurdan Ilmuwan. Bandung: ITB

Zaki, A., Mulbar, U., & Nasra, N. (2019). Model angka putus sekolah anak usia wajib belajar di Provinsi Sulawesi Selatan (Pendekatan Generalized Poisson Regression). In Seminar Nasional LP2M UNM.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Hirzi, R. H., Septiani, A., Hastuti, S. H., Muhsinah, J., Satriawan, R., & Abdullah, A. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGKA PUTUS SEKOLAH DI NUSA TENGARA BARAT MENGUNAKAN GENERALIZED POISSON REGRESION. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 327–336. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.22701