Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Papan Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa Kelas IV MI Al Fatah Asinan

Authors

  • Atina Amalia Solcha Universitas Ngudi Waluyo
  • Abdullah Abdullah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.25234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Solving berbantuan Papan Pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen research). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa MI Al Fatah Asinan, kemudian sampel penelitiannya adalah kelas IV MI Al Fatah Asinan. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes (pretest, posttest) dan teknik non tes (observasi, dokumentasi, angket). Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linear sederhana dan uji independent sample t- test.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Solcha, A. A., & Abdullah, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Papan Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa Kelas IV MI Al Fatah Asinan. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 683–698. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.25234

Most read articles by the same author(s)