Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika

Authors

  • Ristu Haiban Hirzi Program Studi Statistika Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Abdullah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Open Ended untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam memecahkan masalah matematika yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari:(1) lembar validasi RPP, (2) lembar validasi LKPD, (3) lembar validasi THB, (4) lembar kepraktisan LKPD, (5) lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, dan (7) tes hasil belajar (THB). Melalui proses pengembangan telah dihasilkan: (1) Perangkat pembelajaran berbasis Open Ended untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dan (2) instrumen penelitian. Uji coba produk dilakukan pada siswa Kelas XI SMAN 2 Selong. Berdasarkan analisis uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Open Ended untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam  memecahkan masalah matematika pada pokok pembahasan turunan fungsi Trigonometri memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis RPP yang memenuhi kriteria sangat valid dan dari hasil analisis LKPD yang memenuhi kriteria valid. Kriteria kepraktisan terlihat dari hasil analisis penilaian guru dan hasil analisis respon peserta didik yang memenuhi kriteria praktis. Kriteria keefektifan terlihat dari analisis tes hasil belajar peserta didik dengan menentukan skor gain ternormalisasi yang memenuhi kriteria tinggi dengan perolehan skor 0,71.

References

Abduloh, S. P., Suntoko, M. P., Tedi Purbangkara, S. P., & Ade Abikusna, M. P. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Apandi, I. (2019). Kepala Sekolah Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Samudra Biru.

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah matematik berdasarkan gaya belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178.

Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Model pembelajaran problem posing & solving: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan pmri terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214.

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1).

Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.

Kartika, I., & Arifudin, O. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–160.

Kinasih, A. M., & Risminawati, M. P. (2017). Problematika Guru Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Octavia Risky Utami Putri. (). Pengembangan Buku Siswa Bercirikan Open Ended Mathematics Problem Untuk Membangun Berpikir Kreatif. Jurnal Silogisme, Volume 2, Nomer 1, Halaman.9.

Rahayu, S., SD, S. P., & Vidya, A. (2022). Desain pembelajaran aktif (active learning). Ananta Vidya.

Utami, F. T., & Zanah, M. (2021). Youtube sebagai sumber informasi bagi peserta didik di masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78–84.

Yunita Sari. (2013). Penerapan Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Tahun Ajar 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomer 1, Halaman.16.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Hirzi, R. H., & Abdullah. (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 97–105. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30239