Pengembangan Aplikasi Edukasi “Smart Disabiltas” untuk pembelajaran mahasiswa Slow Learner

Abdul Aziz, Muhammad Sururruddin, Muhammad Husni, Yul Alfian Hadi

Abstract


Slow Leaner adalah kondisi dimana anak dengan tingkat penguasan materi yang rendah dan lambat dalam proses pembelajaran, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dan membutuhkan mengulangan dibandingkan dengan peserta didik yang lain. Sehingga mereka membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran dan bisa diulang terus menerus untuk memahami materi yang di berikan. Media dalam proses pembelajaran yang dibutuhkan yaitu media pembelajaran berbasis aplikasi “Smart Disabiltas” berbasis web. Penelitian ini untuk menguji kelayakan dari segi kevalidan aplikasi “Smart Disabilitas” untuk memberikan layanan bagi mahasiswa disabilitas di perguruan tinggi. Metode penelitian ini menggunakan pengembangan “ADDIE” yaitu Analysis, Design Devlopment, Implementation Evaluation. Hasil penelitian ini diperoleh nilai validasi meliputi : (1). Nilai keseluruhan indikator validasi ahli media 75 % dengan keterangan layak. (2). Nilai indikator validasi ahli materi 76 % dengan keterangan layak. (3). Nilai keseluruhan indikator validasi ahli pendidikan luar biasa 81,3 % dengan keterangan layak. Dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan media aplikasi “Smart disabilitas” untuk memberikan layanan khusus bagi mahasiswa berkebutuhan khusus layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Adly Helmi, Dkk. 2012. Serious Game For Autism Children, World Academy of Science Engineering and tecknology internasional journal of psycological and behavioral sciences. (Jurnal).

American Psychiatric Association, 2013, Diagnostic and Statistical Manual for Mental Disorders 5th ed DSM 5, American Psychiatric Publishing, Arlington.

Bagus, I Gusti. (2016). Pengembangan Aplikasi Sentense Scremble Game (SSG) berbasis android pada kalimat dasar.

Bredekamp, Sue & Copple, Carol. 2006. Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. Washington, D.C. : National Association for the Education of Young Children.

Deddy Mulyana. 2012. Ilmu komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hoxhaa Bujar, 2015. A Paradoxical Way of Communication in Children With Autism Spectrum Disorders Syndrome. Jurnal Sosial David Publising.

Jennifer B. Ganzl, John L. Davis. (2011). Meta-analysis of PECS with inviduals with ASD: Investigation of target versus non-targeted outcomes participant characteristics, and implementation phase. Journal of ScienceDirect.

Munir.(2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Jakarta: Alfabet

Sujarwanto dan Rahardja, Djadja. 2010. Pengantar Pendidikan Luar Biasa(Orthopedagogik). Surabaya: Unesa University Press.

Quill, Kathleen Ann, (1995). Teaching Children with Autism Strategies to Enhance Communication and Socialization, New York: Delmar Publisher Inc.TM.

Troshanska Jasmida, Trajkovski Vladimir. Stages Of Communication In Children With Autism,1 POU “ Dr. Zlatan Sremec”, Skopje, Republic of Macedonia 2 Univerzitet “Ss .Cyril and Methodius “, Faculty of Philosophy, Institute of Special Education, Skopje, R. . Macedonia.

Wetherby, Amy. M, Prizant, Barry M., (2000). Autism Spectrum Disorder A Transactional Developmental Perspective, Baltimore: Paul H. Brooks Publishing Co.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA