PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STUDENT CENTERD LEARNING (SCL) PADA KELAS V SDN 1 KETANGGA
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.3045Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Centered Learning (SCL) Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar dan mengetahui nilai uji kelayakan bahan ajar lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis student centered learning (SCL) untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yang disederhanakan menjadi 3 tahapan yaitu, pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Uji coba lapangan dilaksanakan di kelas V SDN 1 Ketangga dengan 20 siswa. Data yang diproleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data meliputi, lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus skala lima untuk validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil pengembangan penilaian kelayakan ahli materi memproleh skor 56 yang termasuk kategori sangat baik sedangkan penilaian kelayakan ahli tampilan mendapatkan skor 24 termasuk kategori baik. Respon siswa terhadap Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Centered Learning (SCL) dikatakan sangat baik setelah diberikan angket respon kepada 20 orang responden dengan perolehan rata-rata 80,4%.
References
Apertha,F.K.P, Zulkardi., &Yusup.,M. (2018) Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 12, No 2, hal 47-62. Diunduh dihttps://scholar.google.co.id/schhp?hl=id tanggal 20 februari 2020.
Daryanto. (2016). Belajar Dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.
Hadi.,Y,A. Husni,M., & Pazri, R. (2019) Pengembangan Komik Sebagai Media Pemeblajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 2 Selong Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume V, No. 2, Hal 113-121. Diunduh di http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika tanggal tanggal 11 april 2020.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Kurniawan,M.A., Miftahillah,A., & Nasihah,N.M.(2018) Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lentera Pendidikan. VOL 21, NO 1, hal 1-11. Diunduh di https://scholar.google.co.id/schhp?hl=id tanggal 20 februari 2020.
Lubis, A,J. & Ginting,N. (2017) Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) pada Materi Kultur Jaringan. Jurnal pendidikan biologi. Vol. 6, No. 3, hal 371-375. Di unduh di https://scholar.google.co.id/schhp?hl=id tanggal 28 april 2020.
Prastowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tmatik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Permana, K.V, Saleh,R., & Rochadi.D. (2019) Pengembangan Bahan Ajar Desain Interior Berbantuan Aplikasi Multimedia Sketch Up Pada Prodi Ptb Ft UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Volume 8, No. 2 ,Hal. 55-104. Diunduh di https://scholar.google.co.id/schhp?hl=id tanggal 20 februari 2020.
Sugiyono. (2019). Metode Penilitian & pengembangan Research and development. Bandung: Alfabeta CV.
Selamet, widodo. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 26, Nomor 2. Diunduh di https://scholar.google.co.id/schhp?hl=id tanggal 21 februari 2020.
Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Yunita Sari. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik Ipa Dengan Penanaman Nilai Budai Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume I, No. I, Hal 33-44. Diunduh di http://e- journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika tanggal 11 april 2020.
Yektiastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA . Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa , 88-99.