Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2018-2019

Muhammad Sururuddin, Yul Alfian Hadi, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa audio visual menggunakan macromedia flash pada mata  pelajaran IPS untuk siswa kelas V SDN 5 Masbagek Selatan, dengan jumlah sampel 26 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) mengadopsi model pengembangan Borg and Gall dengan lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan atau desain, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media audio visual menggunakan macromedia flash, layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media diketahui bahwa produk media audio visual menggunakan macromedia flash dikategorikan baik dengan perolehan skor 54 dan skor rata-rata 4,1 dan ahli materi mendapatkan kategori sangat baik dengan perolehan skor 48 dan skor rata-rata 4,8. Hasil respon siswa terhadap media audio visual menggunakan macromedia flash masuk dalam kategori sangat baik dengan presntase 84,6%. Simpulan yang bisa diambil dari data diatas adalah media audio visual menggunakan macromedia flash dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata IPS.

Kata Kunci: Audio visual, Macomedia Flash.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Alim Sumarno. (2012). Penelitian Kausalitas Komparatif. Surabaya: Elearning Unesa.

Andi Pramono. (2014). Presentasi Multimedia Dengan Macromedia Flash. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Barnawi. (2015). Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar’ruzz Media

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media

Ega Risma Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena

Eko Putro Widoyoko. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Harjanto. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Haryono. (2013). Pembelajaran Yang Menarik dan Mengasyikkan.

Yogyakarta: Kepel Press

Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rudi Susilana. (2014). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Rudy Gunawan. (2011). Tujuan Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS Konsep Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA