ANALISIS BERBAGAI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 TEBABAN

Authors

  • Muhammad Sururuddin Universitas Hamzanwadi
  • Nirmala Prihatini Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v4i1.1198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 3 Tebaban. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Jumlah siswa sebanyak 27 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, sebab tiap situasi merupakan keseluruhan yang berarti bahwa tidak ada suatu instrumen berupa tes atau angket yang dapat menangkap keseluruhan situasi kecuali manusia. Pada penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhanaan, paparan atau sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor keluarga, lingkungan, dan guru.

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Sururuddin, M., & Prihatini, N. (2018). ANALISIS BERBAGAI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 TEBABAN. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 56–61. https://doi.org/10.29408/didika.v4i1.1198

Most read articles by the same author(s)