Kurikulum Merdeka Dalam Persfektif Filsafat Pendidikan Esensialisme

Authors

  • Hadiatul Rodiyah Universitas Hamzanwadi
  • M. Syahruddin Amin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.29135

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang diberlakukan dalam sisem pendidikan Indonesia untuk mengatasi learning loss akibat wabah pandemi Covid-19, dan mengejar ketertinggalan pendidikan Indonesia dari negara lain. Filsafat pendidikan esensialisme memberikan bingkai bahwa pendidikan hakikatnya adalah proses memanusiakan manusia sesuai dengan esensiya dan esensi keberadaannya sebagai manusia melalui pelestarian dan pengajaran nilai-nilai kebaikan lama yang jelas, ajeg, dan terbukti pada generasi saat ini dan masa depan. Studi ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan (library reseach). Materi esensial yang diajarkan dalam kurikulum merdeka sejalan dengan pemikiran dalam filsafat esensialisme yaitu membacam, menulis, berhitung, dan berbicara/berkomunikasi. Namun demikian konsep merdeka belajar yang diberikan kepada siswa menurut pandangan filsafat esensialisme tidak terlalu tepat karena siswa adalah individu yang belum matang secara psikologi (IQ/EQ/SQ), yang harus dibantu untuk menemukan potensi dirinya, mengetahui yang diinginkan, dibutuhkan dan bermanfaat untuk kebaikannya dimasa depan.

References

Anjani, K. T., Rufaidah, A., & Suharyati, H. (2023). INTEGRASI FILOSOFI ESENSIALISME DALAM KURIKULUM MERDEKA. Journal of Administration and Educational Management, 362.

Amin Putri, R. K., & Abu Bakar, M. Y. (2023). Konsep Essensialisme Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 113–124. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.752

Amriyadi, & Wanto, D. (2023). Pendekatan Filsafat Esensialisme Dalam Pemecahan Masalah Pendidikan. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 429–438. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1006

Apella, M., Alwizra, Sar’an, & Yenni. (2023). Hubungan manusia, filsafat dan pendidikan. Pendidikan,Psikologi Dan Studi Islam, 8(2), 1–13.

Farih, N., & A’yun, D. (2024). Implikasi Aliran Esensialisme dalam Budaya Pendidikan Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 12–26. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.629

Hadi, L. (2020). Pro dan Kontra Kebijakan Merdeka Belajar. 812Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 813.

Lestari, D., Asbari, M., & Erma Yani, E. (2023). Kurikulum Merdeka; Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. JISMA: Journal of Information System and Management, 2(5), 85–88. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.129

Marlina, T. (2022). Urgensi dan implikasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Sekolah asar/Madrasah ibtidaiyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 67–72.

Manalu, L. M., & Junior, R. K. (2022). Filsafat Esensialisme Sebagai Ideologi Pendidikan Seni d Inndonesia. Jurnal Musik dan Pendidikan Musik, 1-11.

Muslim, A. (2020). Telaah filsafat pendidikan Esensialisme dalam pendidikan Karakter. Jurnal Visionary, 10(2), 37–41.

Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainnah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di MI. Auladuna; Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201-211.

Ningsih, N. N., & Sartika, L. (2023). Karakteristik Kurikulum merdeka belajar. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 205–210. https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/Published:31Desember2023https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/

Nissa, I. C., & Suastra, l. W. (2023). Kurikulum Merdeka dari Berbagai Perspektif Filsafat Pendidikan. Empiricism Journal, 456.

Novita, A., & Bakar, M. A. (2021). Konsep Pendidikan Esensialisme dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Menajemen dan Pendidikan Islam, 12-22.

Prabowo, H. (2020). Pro dan Kontra atas Kebijakan ‘Kampus Merdeka’Nadiem. . Tirto. Id.

Purwati, Rizal, A. S., & Nurdin, E. S. (2020). Konsep Pendidikan Umum di Perguruan Tinggi dalam Tinjauan Esensialisme. SOSIO RELIGI: Jurnal Kaajian Pendidikan Umum, 20-30.

Putri, R. K., & Bakar, M. A. (2023). Konsep Esensialisme dalam Prespektif Filsafat Pendidikan Islam. Jounal Drasah, 113-124.

Rahmadayati, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Medeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 7174-7187.

Rubingah, N., Indriasari, P. S., Fauziati, E., & Indri. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pandangan Filsafat Esensialisme. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 136–147. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.1004

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Emotional Intelligence on Peer Conformity in Late Adolescence. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 1724–1731. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.502

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Rodiyah, H., & Amin, M. S. (2024). Kurikulum Merdeka Dalam Persfektif Filsafat Pendidikan Esensialisme. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 911–921. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.29135

Most read articles by the same author(s)