Pengaruh Model Pembelajaran PBL dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar PKn SDN 1 Sembalun Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30555Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
problem based learning (PBL) dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar pkn
siswa kelas IV SD Negeri 1 Sembalun. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian expost facto dengan desain penelitian one grup desain pre-test, post-test
dan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre-test, perlakuan, dan
post-test. Partisipan penelitian terdiri dari 20 siswa sebagai sampel di SD Negeri 1
Sembalun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi signifikan dari
model pembelajaran problem based learning (PBL) dan keterampilan sosial
terhadap hasil belajar PKn siswa. Data menunjukkan bahwa skor rata-rata pada pre-
test adalah 43.00 dengan deviasi standar 11.286. Pada post-test, skor rata-rata
meningkat menjadi 81.0500, dan deviasi standar menurun menjadi 10.26222.
Berdasarkan hasil ini, nilai signifikansi adalah <0.05, yang menunjukkan bahwa
hipotesis peneliti diterima, yang berarti model pembelajaran problem based
learning (PBL) dan keterampilan sosial efektif untuk meningkatkan hasil belajar
PKn siswa kelas IV
References
Amir, Taufiq, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning,
Jakarta: Kencana, 2009
Amstrong, Multiple Intelligences In The Classroom. Alexandria, VA:
Association for Supervision and Curriculum Development, 1994.
Ariandi, Y. (2017, February). Analisis kemampuan pemecahan masalah
berdasarkan aktivitas belajar pada model pembelajaran PBL. In
PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 579-585).
Asrifah, Siti, et al. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05." Buana Pendidikan: Jurnal
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya 16.30
(2020):9
Dahlia, Dahlia. "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan
Cacah." Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 14.2 (2022): 59-64.
Erlina, E. (2016). Pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan sosial
terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V
sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 27-37.
Hartati, S. H., Koto, I. K., & Hambali, D. H. (2020). Penerapan model
discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
dan kecakapan kerjasama pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD
negeri 32 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran
Pendidikan Dasar, 3(2), 98- 112.
Khotimah, Agustin Husnul, Dedi Kuswandi, and Sulthoni Sulthoni.
"Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar
Pkn Siswa." Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2.2 (2019): 158-
165.
PRISTIWANTI, Desi, et al. Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling (JPDK), 2022, 4.6: 7911-7915.
Putu, I., Darma, S., Lasmawan, W., & Wayan, K. I. Pengaruh Pendekatan
Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari
Minat Belajar Siswa (Doctoral dissertation, Ganesha University of
Education).
Robiyanto, Agus. "Pengaruh model problem based learning terhadap hasil
belajar siswa." Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
2.1 (2021): 114-121.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zalia Muspita, Yuniar Lestarini, Hadiatul Rodiyah, Indra Himayatul Asri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.