Pengaruh Model Pembelajaran PBL dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar PKn SDN 1 Sembalun Lombok Timur

Authors

  • Zalia Muspita Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Yuniar Lestarini Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Hadiatul Rodiyah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Indra Himayatul Asri Program Studi Biologi Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
problem based learning (PBL) dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar pkn
siswa kelas IV SD Negeri 1 Sembalun. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian expost facto dengan desain penelitian one grup desain pre-test, post-test
dan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre-test, perlakuan, dan
post-test. Partisipan penelitian terdiri dari 20 siswa sebagai sampel di SD Negeri 1
Sembalun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi signifikan dari
model pembelajaran problem based learning (PBL) dan keterampilan sosial
terhadap hasil belajar PKn siswa. Data menunjukkan bahwa skor rata-rata pada pre-
test adalah 43.00 dengan deviasi standar 11.286. Pada post-test, skor rata-rata
meningkat menjadi 81.0500, dan deviasi standar menurun menjadi 10.26222.
Berdasarkan hasil ini, nilai signifikansi adalah <0.05, yang menunjukkan bahwa
hipotesis peneliti diterima, yang berarti model pembelajaran problem based
learning (PBL) dan keterampilan sosial efektif untuk meningkatkan hasil belajar
PKn siswa kelas IV

References

Amir, Taufiq, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning,

Jakarta: Kencana, 2009

Amstrong, Multiple Intelligences In The Classroom. Alexandria, VA:

Association for Supervision and Curriculum Development, 1994.

Ariandi, Y. (2017, February). Analisis kemampuan pemecahan masalah

berdasarkan aktivitas belajar pada model pembelajaran PBL. In

PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 579-585).

Asrifah, Siti, et al. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning

Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05." Buana Pendidikan: Jurnal

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya 16.30

(2020):9

Dahlia, Dahlia. "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan

Cacah." Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 14.2 (2022): 59-64.

Erlina, E. (2016). Pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan sosial

terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V

sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 27-37.

Hartati, S. H., Koto, I. K., & Hambali, D. H. (2020). Penerapan model

discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis

dan kecakapan kerjasama pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD

negeri 32 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran

Pendidikan Dasar, 3(2), 98- 112.

Khotimah, Agustin Husnul, Dedi Kuswandi, and Sulthoni Sulthoni.

"Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar

Pkn Siswa." Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2.2 (2019): 158-

165.

PRISTIWANTI, Desi, et al. Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 2022, 4.6: 7911-7915.

Putu, I., Darma, S., Lasmawan, W., & Wayan, K. I. Pengaruh Pendekatan

Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari

Minat Belajar Siswa (Doctoral dissertation, Ganesha University of

Education).

Robiyanto, Agus. "Pengaruh model problem based learning terhadap hasil

belajar siswa." Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

2.1 (2021): 114-121.

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Zalia Muspita, Lestarini, Y., Rodiyah, H., & Asri, I. H. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar PKn SDN 1 Sembalun Lombok Timur. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 170–176. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30555

Most read articles by the same author(s)