Penerapan Positive Parenting Terhadap Penanaman Karakter Percaya Diri Pada Anak Usia Sekolah Dasar Era Milenial Di Lingkungan Lendang Batu Sukamulia
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7578Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan jenis pola asuh orang tua di Lingkungan Lendang Batu, (2) mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri anak di Lingkungan Lendang Batu, (3) mendeskripsikan hubungan dari penerapan positive parenting terhadap penanaman karakter percaya diri anak usia sekolah dasar era milenial di lingkungan Lendang Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan desain berbentuk survey. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Sperma Rank. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa keempat jenis pola asuh orang tua dari 20 responden, orang tua yang memakai pola asuh dekmokrasi sebanyak 40%, yang menggunakan pola asuh otoriter sebanyak 20%, yang memakai pola asuh permisif sebanyak 15% dan sebanyak 25% memakai pola asuh uninvolved. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa kecenderungan orang tua di Lingkungan Lendang Batu menggunakan pola asuh demokrasi. Sedangkan hasil perhitungan data tingkat kepercayaan diri dapat dilihat bahwa terdapat sebanyak kategori tinggi sebanyak 5%, pada kategori sedang sebanyak 95%, sedangkan kategori rendah sebanyak 0,00%. Jadi, di Lingkungan Lendang Batu memiliki kepercayaan diri sedang. Hasil uji statistik spearman rank memperlihatkan bahwa nilai koefisien korelasi 16,0717 ˃ 0,4227 yang berarti menunjukkan bahwa tingkat kekuatan hubungan antara variabel pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak termasuk kedalam kategori yang sangat kuat.
References
Hardani. (2020). Motode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustakan Ilmu Group Yogyakarta
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Susanto, Andina Vita & Ari A. (2019). Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak Yogyakarta: PT. Pustaka Baru
Vianda Yustia E. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungangung. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Yusup, Febrianawati. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 7 (1). Hal 17-23