PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PKn BERBASIS TEKNIK KLARIFIKASI NILAI PADA SISWA SEKOLAH DASARDI DAERAH WISATA KABUPATEN LOMBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.1201Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual
PKn berbasis teknik klarifikasi nilai yang layak di daerah wisata Kabupaten Lombok Timur. Lokasi penelitian yaitu di SDN 1 Sembalun Lawang dengan jumlah siswa 21 orang, SDN 2 Sembalun Bumbung dengan jumlah siswa 30 orang dan SDN 3 Sembalun Bumbung dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi tahapan pengembangan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Instrumen penelitian ini terdiri dari angket validator ahli materi dan tampilan, angket respon siswa dan angket karakter ke Indonesia an. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif skala lima kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil validator ahli materi memperoleh jumlah skor 38 berada pada rentangan 34-42 pada kategori layak. Sedangkan hasil validator ahli tampilan memperoleh jumlah skor 46
berada pada rentangan 41-50 pada kategori layak; 2) Hasil angket respon siswa pada uji coba skala kecil yaitu memperoleh rata-rata skor sebesar 58 pada rentangan 50-60 dengan kategori menarik, sedangkan hasil uji coba skala besar memperoleh rata-rata skor sebesar 61 pada rentangan 60<X dengan kategori sangat menarik; dan 3) Hasil angket karakter ke Indonesiaa an siswa pada uji coba skala kecil yaitu memperoleh skor sebesar 116 pada rentangan 100-120 dengan kategori Baik, sedangkan hasil angket karakter ke Indonesiaa an siswa pada uji coba skala besar jumlah skornya yaitu 118 pada rentangan 100-120 dengan kategori Baik. Sehingga dapat disimpulkan penelitian pengembangan media pembelajaran ini telah layak dan efektif.
Kata kunci: media audio visual, teknik klarifikasi nilai, karakter keindonesiaan