Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom di Kalangan Guru Kelas di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.28736Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai tingkat penerimaan penerapan model flipped classroom di kalangan guru kelas tingkat sekolah dasar di Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, NTB, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain penelitian survei dan menggunakan instrumen kuesioner sebanyak 24 item yang memiliki validitas ÿ 0,95. Sampel penelitian ini terdiri dari 152 guru kelas sekolah dasar yang berlokasi di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur di provinsi NTB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, minat, dan sikap guru berpengaruh pada tingkat tinggi. Lebih lanjut, hasil dari analisis korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan (r = 0,554, p <0,05, N = 152) antara tingkat pengetahuan guru kelas dan penerimaan mereka terhadap model kelas terbalik. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan guru maka semakin meningkat pula tingkat penerimaannya. Mengenai koefisien korelasi Pearson, terdapat hubungan positif yang signifikan secara statistik (r = 0,962, p<0,05, N =152) antara jumlah minat yang ditunjukkan oleh guru dan penerimaan mereka terhadap penerapan model kelas terbalik. Temuan ini menunjukkan korelasi positif antara tingkat minat yang ditunjukkan oleh guru dan tingkat penerimaan yang diamati. Selain itu, korelasi antara tingkat sikap guru dan penerimaan mereka terhadap model kelas terbalik adalah signifikan secara statistik, sebagaimana ditunjukkan oleh koefisien korelasi Pearson (r = 0,901, p <0,05, N = 152). Nilai koefisien yang positif menunjukkan bahwa semakin positif sikap guru sekolah dasar terhadap model kelas terbalik, maka tingkat penerimaan mereka terhadap penerapannya juga meningkat. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk meningkatkan infrastruktur teknologi dalam memfasilitasi penerapan flipped classroom di kelas.
Kata kunci: Penerapan, Flipped Classroom, Pembelajaran IPA, Guru
References
Alali, RA (2020). Efektivitas Program yang Diusulkan dalam Mengembangkan Praktik dan Memodifikasi Keyakinan Guru Praktisi Tentang Kelas Terbalik. BIJAKSANA Terbuka, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020919775
Ary, D., et al. (2010). Introduction to Reseacrh in Education (Eighth Edition). United States of Amerika: Wadsworth.
Ayçiçek, B. (2018). Pengaruh Model Kelas Flipped terhadap Keterlibatan Kelas Siswa dalam Pengajaran Bahasa Inggris. 11(2), 385–398.
Bergmann, J & Sams A (2014) Flip your classroom: talk to every student in every class every day. International Society for Technology in Education.
Creswell, JW dan Creswell, JD (2018) Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Sage, Los Angeles.
Esmaeili, Zohreh., Hosein Mohamadrezai, dan Abdolah Mohamadrezai. 2015. “The role of teacher's authority in students' learning”. Journal of Education and Practice.Vol.6, No.19, 2015.
Hilmi, A., Mohd Zakaria, Z., & Nur Fuad, AF (2020). Tingkat Pengetahuan Guru Bahasa Arab dalam Penerapan Flipped Classroom. Jurnal Muallim Ilmu Sosial dan Humaniora, 50–67. https://doi.org/ 10.33306/mjssh/81
Krejcie, R.V., & Morgan, D.W., (1970). Determining Sample Size for Research Activities. Educational and Psychological Measuremen
Mahamod, Z., & Nor, U. (2012). Persepsi Guru Bahasa Melayu Terhadap Tingkat Penerapan Keterampilan Generik di Kelas. Jurnal Teknologi, 59, 7 10.http:www.sainshumanika.utm.my/index.php/sainshumanika/article/view/1
Roslan Bin Maydin. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan, Keterampilan Dan Sikap Guru Terhadap Penggunaan VLE Pada Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Hulu Selangor. Disertasi. Universitas Pendidikan Sultan Idris. Tanjung Malim, Perak, Malaysia.
Sujarweni, Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian, Jakarta: Pustaka Baru Press.
Summak, MS, Samancioÿlu, M., & Baÿlibel, M. (2010). Integrasi dan penilaian teknologi dalam lingkungan pendidikan. Procedia - Ilmu Sosial dan-Perilaku,-2(2),1725–1729. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.973
Topirceanu, A. (2017). Pembelajaran gamified: Pendekatan bermain peran untuk meningkatkan motivasi siswa di kelas. Prosiding Ilmu Komputer, 112, 41–50. https://doi.org/10.1016/ j.procs.2017.08.01
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Yudi Saputra, Muhammad Sururuddin, Muhammad Husni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.