Analisis Dampak Penggunaan Gadjet Terhadap Sikap Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SD Negeri 5 Selong
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.28736Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari kecanduan penggunaan gadget atau handphone terhadap perilaku sikap anak berkebutuhan khusus di SD Negeri 5 Selong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikannya, lalu menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget di kalangan siswa sekolah dasar umumnya digunakan untuk bermain game seperti Free Fire dan Roblox, serta menonton konten di TikTok dan YouTube. Penggunaan gadget yang berlebihan ini berdampak pada perilaku sosial siswa berkebutuhan khusus. Beberapa perubahan yang diamati antara lain menurunnya kemampuan bersosialisasi dengan teman sebaya, gangguan pola tidur, menjadi lebih tertutup, hingga menunjukkan perilaku negatif atau menjadi pribadi yang "toxic". Hal ini terjadi karena siswa terlalu larut dalam penggunaan gadget sehingga mengabaikan interaksi sosial di dunia nyata.
Kata kunci: Dampak, gadjet, sikap sosial, anak berkebutuhan khusus
References
Afidah N.S, Fakhiriyah F, & Oktavianti I. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesia Gender and Society Journal. Vol 3. No 2.
Arifin N. (2023). Metode Analisis Ekonomi: Mengubah Masalah Menjadi Kesempatan. Kampus UNISNU Jepra: UNISNU Press.
Aryandhyta I.M. (2024) Memahami Bahaya Media Sosial Bagi Anak-anak dan Cara Melindungi Mereka. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Creswell, J. Jwb. (2016) halaman 11. Kualitatif Pertanyaan & Riset Desain: Memilih Diantara Lima Pendekatan (Edisi ke-3). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Hardani dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Grup Pustaka Ilmu.
Harun S.R, Herani, H. Dkk (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar Ponogoro: Uwais Inspirasi Indonesia.
Kusumastuti A, Khairon M, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Miles,MB, & Huberman,AM (2017). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Metode, Edisi 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Purwati L., Wuladari D.M., & Darsinah. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Jurnal Papeda. VOL.4. NO.2.
Rahmawati, F., & Latifah, M. (2019). Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 12(1), 45–56. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.1.45
Setiaputri, K. A. (2021). Kenali Tanda-Tanda dan Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Cetakan Ke-32). Bandung Alfabeta.
Sulthon. (2020). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Downloads
Published
Versions
- 2025-06-25 (3)
- 2024-12-30 (2)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Yudi Saputra, Muhammad Sururuddin, Muhammad Husni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.