Fenomena Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Studi From Home

Arif Widodo, Deni Sutisna

Abstract


Gadget addicted selama anak belajar dari rumah mengalami peningkatan. Fenomena kecanduan gadget yang dialami anak usia sekolah berkaitan erat dengan penggunaan gadget sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab munculnya fenomena gadget addicted pada anak usia sekolah dasar selama belajar dari rumah. Penelitian didesain dalam bentuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian dilakukan pada salah satu sekolah dasar di kota Mataram. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kecanduan gadget adalah penggunaan gadget yang tidak terkontrol dan adanya penyalahgunaan gadget sebagai media pembelajaran selama anak belajar dari rumah. Selain itu, faktor eksternal yang memiliki kontribusi terhadap peningkatan jumlah pencandu gadget adalah lingkungan pecandu gadget yang buruk. Pengawasan orang tua selama anak belajar dari rumah harus lebih intensi, agar penggunaan gadget pada siswa sekolah dasar dapat terkontrol.


Full Text:

PDF

References


Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika/2017.17.2.315-330

Creswell, J. W. (2012). Educational Research, planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research (Fourth; Matthew Buchholtz, ed.). Boston, USA: Pearson.

Iswinarti, I., & Firdiyanti, R. (2019). Children using Learning Gadget Addiction, Can Traditional Games With “Berlian†Method as a Solution Increase the Social Skill? Proceedings of the 4th ASEAN Conference on Psychology, Counselling, and Humanities (ACPCH 2018), 304(Acpch 2018), 368–371. https://doi.org/10.2991/acpch-18.2019.89

Merida, S. C., & Fitriyana, R. (2019). Analysis on College Student Who Use Gadget, Basic for Behavior Intervention Plan. Proceedings of the International Conference on Psychology and Communication 2018 (ICPC 2018), 100–104. https://doi.org/10.2991/icpc-18.2019.9

Nasikhah, I. D., & Purwanta, E. (2019). The Effect of Gadget Usage on Speaking Ability of 3-6 Year Olds. Proceedings of the International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018), 216–219. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.40

Prayuda, R. A., Munir, Z., & Siam, W. N. (2020). Pengaruh Pemakaian Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Dasar Negeri Taal 01 Kecamatan Tapen Kab. Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional, 8(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jkp/article/download/1020/pdf

Rijal, Rini, I., Rabia, & Lestari, N. T. (2020). The correlation between gadget usage and cervical muscle tension among the community of gamers. Enfermería Clínica, 30(March), 149–153. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.066

Setiawati, E., Solihatulmillah, E., Cahyono, H., & Dewi, A. (2019). The Effect of Gadget on Children’s Social Capability. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012113. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012113

Sihura, F. (2018). The Role of Parents “Generation of Z†to The Early Children in The Using of Gadget. Proceedings of the 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018), 55–59. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.9

Siwi, I. N., Krisnawati, M., Sulistyowati, N., & Safitri, O. R. (2019). The Prevention Of Gadget Addiction And Temper In Children Through Consistency Of Parenting Patterns. ABDIMAS Madani, 1(1), 46–50. Retrieved from http://abdimasmadani.ac.id/index.php/abdimas/article/view/19/12

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/-jbmp.v9i2.110927

Sutisna, D., Widodo, A., Nursaptini, N., Umar, U., Sobri, M., & Indraswati, D. (2020). An Analysis of the Use of Smartphone in Students’ Interaction at Senior High School. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 465(Access 2019), 221–224. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.055

Syahudin, D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. GUNAHUMAS Jurnal Kehumasan, 2(1), 273–282. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas-/article/download/23048/11315

Vitrianingsih, V., Khadijah, S., & Ceria, I. (2018). hubungan peran orang tua dan durasi penggunaan gadget dengan perkembangan anak pra sekolah di TK gugus IX kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 3(2), 101. https://doi.org/10.35842/formil.v3i2.178

Wahyuni, A. S., Siahaan, F. B., Arfa, M., Alona, I., & Nerdy, N. (2019). The Relationship between the Duration of Playing Gadget and Mental Emotional State of Elementary School Students. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 7(1), 148–151. https://doi.org/10.3889/oamjms.2019.037

Widodo, A., Ermiana, I., & Erfan, M. (2020). Emergency Online Learning : How Are Students ’ Perceptions ? 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020), 513, 263–268. Retrieved from https://www.atlantis-press.com/article/125950288.pdf

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Merdeka belajar dalam pandemi : Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh berbasis mobile. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2), 86–96. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.35747

Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801

Zakaria, R. (2019). Gadget Addiction: Opioid of the Era? International Journal of Human and Health Sciences (IJHHS), 24. https://doi.org/10.31344/ijhhs.v0i0.142




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA