PROFIL PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP AKSARA LOKAL SATERA JONTAL (STUDI DESKRIPTIF DI SDN LAMPOK SUMBAWA BARAT)

Authors

  • Arif Widodo Universitas Mataram http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram
  • Asrin Asrin Universitas Mataram
  • Umar Umar Universitas Mataram
  • Helmi Anisah Unversitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2704

Abstract

Aksara Satera Jontal merupakan salah satu aksara lokal yang dimiliki bangsa Indonesia. Keberadaan aksara lokal semakin hari semakin terkikis dengan kehadiran huruf latin. Aksara Satera Jontal sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat Samawa mengalami nasib yang tidak jauh berbeda dengan aksara lokal lain di Nusantara. Terdapat pergeseran fungsi dan kegunaan aksara lokal. Terlebih lagi bagi pelajar generasi millenial. Tidak banyak pelajar yang memiliki pengetahuan terkait aksara lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pengetahuan siswa sekolah dasar terhadap aksara Satera Jontal. Lokasi penelitian di SDN Lampok Sumbawa Barat. Subjek penelitian siswa SD kelas VI. Jumlah responden penelitian sebanyak 17 siswa. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian survei dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen yang digunakan berupa angket responden. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Data disajikan dalam bentuk diagram. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pengetahuan siswa di SDN Lampok terhadap aksara Satera Jontal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa SD terkait aksara lokal sangat rendah. Hal ini dapat terlihat dari rendahnya kemampuan siswa dalam membaca, menulis, menyebutkan, mengenali, dan melafalkan aksara Satera Jontal.

References

Ahmad, A. A. (2014). Melestarikan Budaya Tulis Nusantara: Kajian Tentang Aksara Lontara. Jurnal Budaya Nusantara, 1(2), 148–153.

Al Masjid, A., & Arief, A. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Blimbing 4. Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 48–54.

Alwi, M., & Sholihat, Z. (2019). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pada Karya Sastra Berbasis Budaya Lokal Kelas IV MI NW Tebaban. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1778

Aranta, A., Bimantoro, F., & Putrawan, I. P. T. (2020). Penerapan Algoritma Rule Base dengan Pendekatan Hexadesimal pada Transliterasi Aksara Bima Menjadi Huruf Latin. Jurnal Teknologi Informasi, Komputer, Dan Aplikasinya (JTIKA ), 2(1), 130–141. https://doi.org/10.29303/jtika.v2i1.96

Aranta, A., Gunadi, Ig. A., & Indrawan, G. (2018). Utilization Of Hexadecimal Numbers In Optimization Of Balinese Transliteration String Replacement Method. 2018 International Conference on Computer Engineering, Network and Intelligent Multimedia (CENIM), 131–136. https://doi.org/10.1109/CENIM.2018.8711118

Austin, P. K. (2014). Aksara Sasak, an endangered script and scribal practice. Proceedings of the International Workshop on Endangered Scripts of Island Southeast Asia, (February), 1–12. Retrieved from https://docplayer.-net/39228817-Aksara-sasak-an-endangered-script-and-scribal-practice.html

Erika, F. (2018). Geliat Aksara dan Bahasa Ganda dalam Papan Nama Jalan di Indonesia. Seminar Dan Lokakarya Pengutamaan Bahasa Negara, 226–238. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Fajar_Erikha/publication/-33051269

Hamid, S. A. (2013). Translation of Manuscripts in Lombok : an Effort To Understand the Sasak ’ S Cultural Values. MABASAN, 7(2), 75–84. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=

Marliana, E., & Jazadi, I. (2020). The Need To Revive Satera Jontal An Endangered Script In Sumbawa Regency. Journal Unmasmataram, 14(2), 691–698.

Maulana, R. (2020). Aksara-aksara di Nusantara: Seri Baca Tulis: Ensiklopedia Mini, Tabel Aksara, Latihan Baca Tulis. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=_grfDwAAQBAJ&dq=satera+jontal&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Nazir, N. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nursaptini, N., Anar, A. P., Indraswati, D., Wiododo, A., Novitasari, S., & Sutisna, D. (2020). School Operational Assistance and Challenges of Communities’ Participation at Madrasah Tsanawiyah in Central Lombok. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 465(Access 2019), 279–282. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.070

Raden, A. Z. M. (2019). Adaptasi Kearifan Lokal Nusantara Pada Perancangan Huruf Digital Tapis dan Gorga. Jurnal Budaya Nusantara, 2(2), 267–271.

Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2019). Meningkatkan Membaca Menulis Melalui Teknik SAS Kelas 3 MI No. 1 Pancor Lombok Timur. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 32. https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1788

Suhendra, R., & Wulansari, D. (2018). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sumbawa Sebagai Bahan Literasi Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31227/osf.io/rp6tb

Sutisna, D., Widodo, A., Nursaptini, N., Umar, U., Sobri, M., & Indraswati, D. (2020). An Analysis of the Use of Smartphone in Students’ Interaction at Senior High School. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 465(Access 2019), 221–224. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.055

Utari, E. D. J., Wijaya, I. G. P. S., & Bimantoro, F. (2019). Handwritten Sasak Ancient Script Recognition using Integral Pojection and Neural Network. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), 3(1), 19. https://doi.org/10.29303/jcosine.v3i1.222

Widodo, A. (2020). Profil Pengetahuan Calon Guru SD Terhadap Literasi Aksara Lokal Sasambo. Jurnal Pedagogik, 07(01), 74–106. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/viewFile/1085/598

Widodo, A., Indraswati, D., Novitasari, S., Nursaptini, N., & Rahmatih, A. N. (2020). Interest of Learning Local Script Sasambo PGSD Students University Mataram. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i3.7895

Widodo, A., Maulyda, M. A., Fauzi, A., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Umar, U. (2020). Tolerance Education Among Religious Community Based on the Local Wisdom Values in Primary Schools. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 465(Access 2019), 327–330. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.082

Widodo, A., Umar, U., Sutisna, D., & Tahir, M. (2020). Primary School Teacher Prospective Perception Of Sasambo Local Script Preservation In NTB. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 116–129. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.424

Wilian, S., & Husaini, B. N. (2019). Pergeseran pemakaian tingkat tutur (basa alus) bahasa sasak di Lombok. Linguistik Indonesia, 36(2), 161–185. https://doi.org/10.26499/li.v36i2.82

Yulianti, R., Wijaya, I. G. P. S., & Bimantoro, F. (2019). Pengenalan Pola Tulisan Tangan Suku Kata Aksara Sasak Menggunakan Metode Moment Invariant dan Support Vector Machine. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), 3(2), 91–98. https://doi.org/10.29303/jcosine.v3i2.181

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Widodo, A., Tahir, M., Asrin, A., Umar, U., & Anisah, H. (2020). PROFIL PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP AKSARA LOKAL SATERA JONTAL (STUDI DESKRIPTIF DI SDN LAMPOK SUMBAWA BARAT). Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 168–180. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2704

Most read articles by the same author(s)