Analisis Kendala Guru SD Dalam Pembelajaran Matematika Pada Anak Tunagrahita Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.3916Abstract
Pandemi Covid-19 berhasil merubah proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka di sekolah beralih menjadi pembelajaran jarak jauh yang bisa dilakukan dari rumah. Pemanfaatan media online menjadi solusi agar anak tunagrahita tetap mendapatkan layanan pendidikan di masa pandemi covid-19. Namun demikian dalam prateknya guru SD mengalami berbagai kendala dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang alami guru SD dalam pembelajaran matematika pada anak tunagrahita di masa pandemi covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas tinggi di salah satu sekolah dasar di Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialami guru dalam proses pembelajaran matematika pada anak tunagrahita di masa pandemi covid-19 adalah: 1) Jaringan internet tidak stabil; 2) Guru tidak bisa memberikan bimbingan secara langsung; 3) Media online yang bisa digunakan untuk mengajar terbatas; 4) Aktivitas belajar tidak bisa dikontrol; 5) Motivasi belajar menurun. Dari hasil penelitian, peneliti juga menemukan bahwa sebagian kendala di atas dapat diatasi oleh guru dengan menerapkan beberapa strategi seperti: 1) Guru meminta orang tua agar menggantikan peran guru dalam mendampingi dan membimbing anak tunagrahita; 2) Guru menggunakan media audio visual agar anak tunagrahita lebih mudah memahami konsep matematika.
References
Aji, Rizqon Halal Syah. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.†SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7(5).
Asri, Tjutju Soendari dan Pudji. 2009. “Pengaruh Media Animasi Komputer Terhadap Hasil Belajar Sains Anak Tunagrahita Ringan.†Jassi Anakku 8(2): 94–99.
Cresweel, John W. 2012. Research Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dermawan, Oki. 2013. “Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB.†Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi VI(2): 886–97.
Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. I. Yogyakarta: Psikosain.
Fauzi, Asri, Djamilah Bondan Widjajanti, Arif Widodo, and Umar Umar. 2020. “Developing the Set of Mathematics Learning Materials Based on NHT Model With Peer Assessment.†In Atlantis Press, , 90–93.
Handayani, Sri Lestari Wahyu, and Sugiman. 2013. “Media Gambar Untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Dalam Belajar Matematiak.†In PRSIMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, , 349–54.
Hendra, Jhoni. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Dengan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Anak Tunagrahita Sedang.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1(2): 213–25.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Kaharuddin, Andi. 2013. “Effectiveness Comparative of Scientific Approach Elpsa and Open-Ended Setting Cooperative Stad Types Ofmathematics Learningat VII Class SMP Negeri of a Accreditation in Makassar.†DAYA MATEMATIS : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 1(1): 29–44.
Maulyda, Mohammad Archi, Umar, et al. 2020. “IMPLEMENTATION OF STAD TYPE COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE MATHEMATICAL LEARNING OUTCOMES CLASS VIII STUDENTS.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5(1): 1–12.
Maulyda, Mohammad Archi, Sukoriyanto Sukoriyanto, et al. 2020. “Student Representation in Solving Story Problems Using Polya Steps.†Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 10(1): 25–34.
Prasetia, Fargil. 2016. “PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA.†JKPM 01(02): 257–66.
Purwanto, Agus et al. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.†EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1): 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Risopani, Lina Angris, and Femi Oktaviani. 2020. “Komunikasi Instruksional Guru Dan Siswa Tunagrahita Berprestasi.†Jurnal Signal 8(2): 108.
Sutisna, Deni et al. 2020. “An Analysis of the Use of Smartphone in Students’ Interaction at Senior High School.†Atlantis Press 465(Access 2019): 221–24.
Suyahman. 2015. “Pendidikan Untuk Semua Antara Harapan Dan Kenyataan (Studi Kasus Permasalahan Pendidikan Di Indonesia).†In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, , 274–80.
Tulak, Topanus, and Aprilia Mangalik. 2019. “Penggunaan Alat Peraga Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.†Elementary Journal 2(2): 24–36.
Umar. 2018. “The Effectiveness of Cooperative Learning Model of Stad Thype Based on Gagne Learning Theory in Mathematics Learning Class Vii at MTs with b Accreditation in Makassar City.†DAYA MATEMATIS : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 7(2): 219–27.
Umar, Umar et al. 2020. “A Comparative Study on Critical Thinking of Mathematical Problem Solving Using Problem Based Learning and Direct Intruction.†In , 314–16.
Utami, Yuliza Putri, and Derius Alan Gheri Cahyono. 2020. “STUDY AT HOME : ANALISIS KESULITAN BELAJAR.†Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) 1(1): 20–26.
Venti, Cecilia. 2017. “SEKOLAH DASAR INKLUSI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK ( ABBS ) DI KOTA PONTIANAK.†Jurnal online mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura 5(1): 27–40.
Widodo, Arif et al. 2019. “Analisis Konten HOTS Dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 ‘ Panas Dan Perpindahannya ’ Kurikulum 2013.†Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 12(1): 1–13.
Widodo, Arif, Linda Feni Haryati, et al. 2020. “PROSES IDENTIFIKASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MI NW TANAK BEAK KABUPATEN LOMBOK BARAT.†Progres pendidikan 1(2): 63–71.
Widodo, Arif, Mohammad Archi Maulyda, et al. 2020. “Tolerance Education Among Religious Community Based on the Local Wisdom Values in Primary Schools.†In Atlantis Press, , 327–30.