Daring Tekstual Versus Daring Kontekstual Mana Yang Lebih Disukai Mahasiswa

Authors

  • Umar Umar Universitas Mataram
  • Arif Widodo Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3111

Abstract

Pembelajaran online berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Agar pembelajaran online efektif maka pembelajaran harus didesain lebih nyata. Salah satu unsur yang berperan membuat pembelajaran lebih nyata adalah penggunaan media. Secara garis besar media pembelajaran online berbasis video dan chatt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain pembelajaran yang disukai mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif noneksperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei. Analysis data menggunakan statistik deskriptif. Subjek dalam penelitian ini mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jumlah responden yang terlibat sebanyak 158 mahasiswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran tekstual atau kontekstual yang diinginkan mahasiswa? Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa mahasiswa lebih menyukai pembelajaran kontekstual dari pada pembelajaran tekstual. Hal ini dapat terlihat dari karakteristik media pembelajaran yang digunakan yaitu media pembelajaran berbasis video conferen dan tidak menyukai tugas berbentuk teks. Melalui video conferen pembelajaran dirasakan lebih nyata. Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dosen dalam mendesain lingkungan belajar virtual yang efektif.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 99–113.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, Radiusman, & Ratu, T. (2020). Development of Android-Based Educational Game “Kata Fisika†for Elementary School Children on Concept of Force. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–9. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Erfan2/publication

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Kusmawan, U. (2016). Self-Directed Learning Readiness of Elementary School Teacher As Student of Open University. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 279–293. Retrieved from http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id

Mardhiyana, D., & Nasution, N. B. (2018). Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan E-Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 31–35. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1034/pdf

Mastur, M. M. A. L. N. A. B. D. (2020). Upaya Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 72–81.

Mirzon, D. J. D. A. D. A. (2020). Efektifitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), 47. https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i1.301

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Setyo, G., & Hidayah, L. (2020). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Profesi Keguruan Berbasis Moodle Untuk Model Blended Learning Di Universitas Islam Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 8–17. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4189

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2.110927

Tereseviciene, M., Trepule, E., Dauksiene, E., Tamoliune, G., & Costa, N. (2020). Are Universities Ready to Recognize Open Online Learning? International Education Studies, 13(2), 21–32. https://doi.org/10.5539/ies.v13n2p21

Umar, U., Kaharuddin, A., Fauzi, A., Widodo, A., Radiusman, R., & Erfan, M. (2020). A Comparative Study on Critical Thinking of Mathematical Problem Solving Using Problem Based Learning and Direct Intruction. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 465(Access 2019), 314–316. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.079

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1). https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2

Widodo, A., Ermiana, I., & Erfan, M. (2020). Emergency Online Learning : How Are Students ’ Perceptions ? 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020), 513, 263–268. Retrieved from https://www.atlantis-press.com/article/125950288.pdf

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Merdeka belajar dalam pandemi : Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh berbasis mobile. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2), 86–96. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.35747

Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801

Wijayanto, S., Handani, D. F., Wardana, A. E., & Hajron, K. H. (2020). Aktivitas di Sekolah Diliburkan saat Pendemi Covid-19: Bagaimana Pembelajaran yang Dilakukan? Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 18–27. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4461

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Umar, U., & Widodo, A. (2021). Daring Tekstual Versus Daring Kontekstual Mana Yang Lebih Disukai Mahasiswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 69–78. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3111

Most read articles by the same author(s)