Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SDN 1 Pendem

Mohamad Ali

Abstract


Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya kepala Sekolah memiliki peran kepemimpinan yang sangat mempengaruhi kinerja guru dilingkungan kerjanya masing-masing. Keberhasilan serta kegagalan Sekolah sangat ditentukan oleh kepala Sekolah dalam mengelola guru yang tersedia di Sekolah, karena kepala Sekolah merupakan pengendali dan penentu arah yang hendak ditempuh oleh sekolah menuju tujuannya. Akan tetapi berdasarkan observasi peneliti di SDN 1 Pendem menunjukkan bahwa peran kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dengan mengarahkan dan membimbing guru pada saat kesusahan dalam proses pembelajaran. Kinerja gurunya cukup baik tetapi ada yang kurang karena keterbatasan fasilitas yang ada, seperti ketika mengajar dikelas para guru kurang menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Pendem.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualiatif yang dilakukan di SDN 1 Pendem, dengan desain penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peran yang signifikan antara kepemimpinan kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Pendem bahwa ada 6 peran kepemimpinan kepala Sekolah yang dilakukan kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Anwar Chairul, (2014) Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta:SUKA-Press

Daryanto, (2006) Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta

Denim S, ,(2002) Inovasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1989.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Edisi Ke 2

Abas, Erjati, (2017) Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap KInerja Guru, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Mulyasa, E 2003, Manajemen Berbasis Madrasah, Bandung: PT Remaja Rosdakaya,

___________(2013) Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah, Jakarta: PT. BumiAksara,

Hadari Nawawi, Adminisrasi Pendidikan, Jakarta: Haji Masagung, 1989.

Moleong, Lexy.J. (2007), Metode Penelitian Kualitatif,Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, M. Ngalim, (2003) Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: RemajaRosdakarya

Mukhtar, (2003), Desain Pembelajaran di Era Reformasi. Jakarta: Misaka Galiza

Rusman, (2013), Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers Raja Grafindo Persada

Nurdin, Syarifuddin,dkk (2003), Guru Profesional dan ImplementasiKurikulum.Jakarta: Ciputat Press

Supardi, (2014), Kinerja Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Rosdakarya

S. Margono, (2004), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Tim Penyusun, (2011),Undang-undang SISDIKNAS, Jakarta: Redaksi Sinar Grafika




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA