Kendala Proses Belajar Mengajar Pada Situasi Covid-19 Dengan Menggunakan Metode Daring Guru dan Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.3879Abstract
Tujuan dari penelian ini adalah untuk menggambarkan kendala-kendala proses belajar mengajar menggunakan metode daring guru dan siswa di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini terdapat dua pertanyaan penelitian; 1) Apakah kendala-kendala proses belajar mengajar menggunakan metode daring bagi guru dan siswa Sekolah Dasar?, 2) Bagaimanakah dampak dan solusinya dalam proses belajar mengajar menggunakan metode daring guru dan siswa di Sekolah Dasar?.Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, peneliti melakukan penelitian pustaka dengan sumber data berasal dari buku-buku, jurnal, artikel atau sumber-sumber lain dari internet. Selanjutnya untuk menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data (data reduction), menampilkan data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwakendala-kendala yang di hadapi guru dan siswa menggunakan metode pembelajaran daring yaitu kurangnya penguasaan dalam penggunaan teknologi informasi seperti Smartphone, laptop dan aplikasi-aplikasi pembelajaran, penyajian pembelajaran yang terbatas sehingga pembelajaran kurang efektif, Konsentrasi yang kurang maksimal menyebabkan siswa gagal paham atau miskonsepsi terhadap materi pembelajaran. Kurangnya fasilitas pebelajaran seperti jaringan wifi atau kuota internet menyebabkan pembelajaran terhambatReferences
Abdul Aziz 2020. Dilema Pembelajaran Daring pada Masa Covid 19. Diakses dari laman https://bernasnews.com/dilema-pembelajaran-dalam-jaringan-daring-pada-masa-pandemi-covid-19/.
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo, 2005. Strategi Belajar Mengajar , (Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, S., 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
Bilfaqih & Qamruddin, Menurunnya Hasil Belajar Peserta Didik Akibat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Di akses pada 14 Agustus 2020 dari laman:
Dimiyati dan Mudjiono, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono, 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Press.
Emzir, 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamzah, 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Harjanto, 2009. Perencanaan Pengajaran. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kemendikbud, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Kevin. 2020. Hambatan dan Solusi ketika Belajar Daring dari Rumah. Diakses dari https://muda.kompas.id/baca/2020/04/10/hambatan-dan-solusi-saat-belajar-daring-dari-rumah/
Lina Handayani. Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Jurnal Industrial Enginering & Management Research. Vol. 1 No. 02, 2020.
Mestika Zed, 2008. Meodologi Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.