Pemberdayaan Komite Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Negeri

Authors

  • Zulfadli Hamdi Universitas Hamzanwadi
  • Sugeng Bayu Wahyono

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.680

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendalami: (a) dinamika peran dan fungsi Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 3 Pancor, (b) peran dan fungsi Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 3 Pancor, (c) faktor pendukung dan penghambat Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 3 Pancor, dan (d) bentuk pemberdayaan komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 3 Pancor. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan komite sekolah, dan orang tua siswa di SDN 3 Pancor. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif secara interaktif diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika komite sekolah yang terjadi bahwa pemberdayaan komite sekolah di SDN 3 Pancor belum maksimal. Komite sekolah telah menjalankan empat perannya namun tidak berjalan dengan efektif sehingga perlu ditingkatkan. Faktor pendukung peran komite sekolah adalah (a) adanya komitmen yang tinggi dari komite sekolah untuk membantu sekolah; (b) dukungan ide, tenaga, dan fasilitas yang memadai; (c) terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik; (d) latar belakang pendidikan anggota komite sekolah; dan selama ini uapaya sekolah dalam memberdayakan komite sekolah hanya sebatas diskusi yang sifatnya insidental.

Kata kunci: pemberdayaan, komite sekolah, mutu pendidikan.

Downloads

Published

2018-04-19

How to Cite

Hamdi, Z., & Wahyono, S. B. (2018). Pemberdayaan Komite Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Negeri. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 35–55. https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.680