Pendekatan Pendekatan Tematik Dan Pendekatan Terpadu Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Authors

  • M Deni Siregar Universitas Hamzanwadi
  • Ida Bagus Putrayasa Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.6999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu ke epektifan pendekatan tematik dan terpadu dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar. Dalam proses komunikasi selalu melibatkan tiga komponen pokok, yaitu komponen pengirim pesan (guru), komponen penerima pesan (peserta didik), dan komponen pesan itu sendiri yang biasanya berupa materi pelajaran. Proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak adanya timbal balik atau komunikasi edukatif antara guru dan peserta didik. Pendekatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesa di tingkat sekolah dasar harus mengupayakan bagimana guru harus bisa memilih pendekatan yang sesuai dengan kondisi siswa. Karena kita ketahui bahwa siswa pada pase ABC sangat memerlukan perhatian khusus dimana pase-pase tersebut anak-anak mudah jenuh, malas, kurang disiplin dan lebih banyak maen-maennya sehingga perlu sekali guru menguasai banyak model dan pendekatan dalam pembelajaran dalam memotivasi peserta didik dalam belajar. Salah satu pendekatan yang bisa dipakai dalam pembelajaran bahasa adalah menggunakan pendekatan tematik dan terpadu. Metode penelitian ini dengan menggunakan kajian pustaka yang merupakan seluruh bahan bacaan yang mungkin pernah dibaca dan dianalisis, baik yang sudah dipublikasikan maupun sebagai koleksi pribadi. Kajian pustaka sering dikaitkan dengan kerangka teori atau landasan teori, yaitu teori-teori yang digunakan untuk menganalisis objek penelitian, analisisnya menggunakan deskriptif menggunakan literatur yang sesuai dengan masalah yang diangkat. Dalam analisis tersebut menujukkan bahwa pendekatan tematik dan terpadu sangat epektif dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar.

Kata kunci : Pendekatan Tematik dan Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Author Biography

M Deni Siregar, Universitas Hamzanwadi

Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Hamzanwadi

References

Abdul Majid, 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja RosdaKarya

Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. JPPD, 7(1), 37–50.

Ana Nurhasanah dkk. 2022. Implementasi Kegiatan Pembelajaran Terpadu Di Sdn Kebon Jahe. Jurnal Ilmiah Telaah http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah Vol. 7, No. 2, Juli 2022.

Aini, Q. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik

Pendidikan, 27 (2), 124-132.

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu Karakteristik, Landasan,Fungsi, Prinsip Dan Model. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya, 12 (1), 127-150.

Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak publisher.

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197.

Mila. 2021. Pendekatan Pembelajaran Terpadu Dalam Kemampuan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada MIN 2 Kota Palangka Raya. Jurnal Terapung : Ilmu – Ilmu Sosial , Vol. 3, No. 2.

Paket 2 Konsep dan Prinsip Penerapan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran BI MI

Novi Resmini. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Terpadu. UPI Bandung

Wardani, F. I. S. K. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 2(2), 64–68.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Siregar, M. D., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2022). Pendekatan Pendekatan Tematik Dan Pendekatan Terpadu Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 358–371. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.6999