Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional dan Akhlak Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3841Abstract
Penelitian ini dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional dan akhlak peserta didik kelas 6 di SDN 4 Masbagik Timur tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi secara langsung dengan informan di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional dan akhlak peserta didik di SDN 4 Masbagik Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak negatif dan positif terhadap perkembangan emosional dan akhlak peserta didik. Dampak positifnya yaitu dapat digunakan sebagai media informasi, komunikasi, dan media pembelajaran. Sedangkan dampak negatifnya yaitu dapat mempengaruhi perilaku peserta didik, membuat peserta didik malas belajar, dan juga terjadinya pemborosan.
References
A. P. Astuti and A. Nu. Rps, “Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja,†J. Anal. Sosiol., vol. 3, no. 1, 2018.
H. RISQI AWALIA, “Studi deskriptif kemampuan interaksi sosial Anak Tunagrahita ringan,†J. Pendidik. Khusus, vol. 9, no. 1, 2016.
M. Jamaluddin, “Metamorfosis pesantren di era globalisasi,†KARSA J. Soc. Islam. Cult., vol. 20, no. 1, pp. 127–139, 2012.
E. Anggraini, Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing, 2019.
M. PUSPITA, “Analisis Penggunaan Gadget Dan Dampak Perilaku Sosial Anak Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang (Skripsi*).†UIN Raden Fatah Palembang, 2020.
I. Sunita and E. Mayasari, “Pengawasan orangtua terhadap dampak penggunaan gadget pada anak,†J. Endur. Kaji. Ilm. Probl. Kesehat., vol. 3, no. 3, pp. 510–514, 2018.
S. Anggraeni, “Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin,†Faletehan Heal. J., vol. 6, no. 2, pp. 64–68, 2019.
L. Syifa, E. S. Setianingsih, and J. Sulianto, “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar,†J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 4, pp. 527–533, 2019.
M. H. Al-Ayouby, “Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini (Studi di PAUD dan TK. Handayani Bandar Lampung),†2017.
N. Azmi, “Potensi emosi remaja dan pengembangannya,†Sos. Horiz. J. Pendidik. Sos., vol. 2, no. 1, pp. 36–46, 2016.
D. Wahyudi and D. S. Wardani, “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Multimedia Lcd Proyektor,†J. Ilm. Didakt. Media Ilm. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 18, no. 1, pp. 1–15, 2017.
Y. Warisyah, “Pentingnya ‘pendampingan dialogis’ orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini,†in Seminar Nasional Pendidikan 2015, 2019, pp. 130–138.
L. P. Supratman, “Penggunaan media sosial oleh digital native,†2018.
J. Noor, “Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Dimensi Komitmen Organisasi Pada Karyawan Bank,†Asia Pacific J. Manag. Stud., vol. 1, no. 3, pp. 1–19, 2015.