Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 2 Surabaya

Authors

  • Musabihatul kudsiah
  • Baiq Dini Rahayu Wardani
  • Irma Puspita Dewi
  • Muhammad Abdul Aziz

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.17455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika materi pecahan berbasis kearifan lokal menggunakan desain penelitian Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah disederhanakan menjadi 7 langkah, yaitu (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) pengujian terbatas, (5) revisi hasil uji produk, (6) uji produk utma, (7) revisi produk akhir. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV dengan jumlah 11 peserta didik. Instrumen penelitian dan pengembanngann ini menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil uji validasi ahli desain media dengan jumlah skor 93 berada pada rentang skor X>83,94 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor sebesar 90 berada pada rentang skor X>83,94 dengan kategori “sangat baik”. Hasil dari angket respon peserta didik terhadap kevalidan dan kefektifan penggunaan modul yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 50,53 dan berada pada rentang 39<X≤51 dengan kategori “cukup baik”. Sehingga dapat disimpulkan, modul pembelajaran matematika materi pecahan berbasis kearifan lokal valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar

Author Biography

Musabihatul kudsiah

Assalamualaikum wr wb

References

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35–48.

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi siswa sma. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1).

Harahap, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 5(3), 1259–1270.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan lokal dalam perspektif budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31.

Nuraini, L. (2022). Integrasi nilai kearifan lokal dalam pembelajaran matematika sd/mi kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).

Prananda, G., Wardana, A., & Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45.

Wardani, P. T., Alwi, M., & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan bahan ajar IPA kelas V Sekolah Dasar menggunakan multimedia interaktif berbantuan animasi. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 191–198.

Downloads

Additional Files

Published

2023-06-29

How to Cite

kudsiah, M., Wardani, B. D. R., Dewi, I. P., & Aziz, M. A. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 2 Surabaya. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 153–162. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.17455

Most read articles by the same author(s)